Ribuan Pebalap Sepeda Ditarget Ikuti Gran Fondo New York Championship Asia di Bali

    


Panitia Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia melalukan audiensi kepada Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Selasa, 2 Agustus 2022 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Bali akan dipilih sebagai tuan rumah ajang olah raga Internasional road bike Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia. GFNY Bali 2022 akan Kembali digelar di Gianyar, Bali, 7 Agustus 2022 mendatang.

Target peserta sebanyak 2.000 peserta dari dalam dan luar negeri. Peserta terbaik akan diberangkatkan ke New York, USA untuk mengikuti world championship tahun 2023 mendatang.

Ajang ini digelar yang ke 4 kalinya setelah 7 kali sebelumnya, ajang olah raga Internasional road bike ini dilaksanakan mulai dari yang pertama pada 2016 & 2017 di Lombok dan 2018 di Samosir. GFNY Bali terakhir digelar pada awal tahun 2020 saat pandemi Covid masuk ke Indonesia.

GFNY merupakan Seri Maraton olah raga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 Negara. Total peserta per tahun sebanyak 30.000 peserta, yang terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York.

GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016. Jumlah peserta bertambah setiap tahunnya dari 700 menjadi 1.700 peserta baik lokal maupun Internasional.

Ketua panitia acara GFNY Endra mengatakan, Rute GFNY Bali terbagi menjadi dua, yakni long 137km dan medium 102km yang melewati pesisir pantai dan area gunung. Sementara untuk menambah semaraknya acara akan digelar juga Bike Expo pada tanggal 5-7 Agustus di Gianyar.

Perhelatan internasional ini diharapkan dapat menggerakan kembali perekonomian dengan hadirnya peserta dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Hongkong, Inggris, Perancis, Italia, USA dan beberapa negara lainnya.

Dampak ekonomi yang dapat dihasilkan dengan melibatkan banyak sektor mulai dari penerbangan, industri perhotelan, Usaha Mikro Kecil Menengah lokal termasuk restoran, cinderamata dan UMKM lainnya.

“Besar harapan kami agar GFNY Bali Element Camp 2022 turut serta berperan dalam menstimulus sektor industri pariwisata yang mana kita tetap bisa saling terhubung, saling berbagi, saling belajar, dan saling mendukung pertumbuhan bisnis, serta bersama-sama mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata Indonesia,” kata Endra, saat beraudiensi dengan Wakil Gubermur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Selasa, 2 Agustus 2022.

Cok Ace menyambut baik dipilihnya Bali sebagai tuan rumah ajang olah raga Internasional road bike Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia. Ajang itu menurut Cok Ace sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Cok Ace meminta panitia melakukan persiapan semaksimal mungkin termasuk memilih rute yang bagus yang akan dilewati para peserta, baik dari karakteristik wilayah maupun kondisi jalan.

Selain itu, ia juga meminta panitia membuka pendaftaran melalui web dan sejumlah titik wisata di Bali. Sehingga, event itu juga dapat diikuti oleh wisatawan yang sedang berlibur di Bali. (Way)