Nginap di Rumah Warga Tak Mampu, Bupati Purworejo Serahkan Bantuan

    


Bupati Purworejo Agus Bastian, saat melihat kondisi Jamaluddin, si pemilik rumah yang jadi homestay bupati dalam kunjungan Bupati Saba Desa, di Desa Kaliwungu, Bruno, Senin (26/8/2019) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebulan sekali, Bupati Purworejo Agus Bastian selalu melakukan kunjungan ke desa-desa, dengan kegiatan yang diberi nama Bupati Saba Desa. Desa yang akan dikunjungi, sudah ditentukan terlebih dahulu, dan diambil secara bergantian dari kecamatan yang berbeda.

Saba Desa ini, dilaksanakan selama dua hari. Bupati akan menginap di rumah salah satu warga, yang kondisinya paling ‘memprihatinkan’. Seperti yang dilakukan pada Saba Desa kali ini, Senin (26/8) hingga Selasa (27/8).

Bupati Purworejo mengunjungi Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno. Di wilayah yang berada di kawasan pegunungan ini, bupati menginap di rumah warga bernama Jamaluddin, Dusun Cacaban, Desa Kaliwungu.

Melihat kondisi rumah Jamaluddin, kondisinya memang memprihatinkan. Dinding rumah dari anyaman bambu yang sudah mulai rapuh, berlantaikan tanah, belum ada fasilitas MCK, dan belum teraliri listrik sama sekali. Untuk penerangan, Jamaluddin nebeng tetangganya.

Si empunya rumah, sedang tergolek di ranjang karena sakit. Kondisi keluarga Jamaluddin ini, mengetuk hati Bupati Purworejo, yang langsung memberikan sejumlah bantuan.

“Dengan Saba Desa ini, saya jadi tahu kondisi rakyat secara langsung, dan apa yang mereka butuhkan,” ungkap bupati.

Bantuan yang diterima keluarga Jamaluddin, antara lain, televisi lengkap dengan parabola, merehab rumah dan fasilitas MCK, pasang baru listrik, serta sejumlah uang, yang diterima perwakilan keluarga. Bupati juga sempat menemui Jamaluddin yang tengah sakit.

Dikatakan bupati, dengan Saba Desa ini, selain bisa melihat langsung keadaan masyarakat maupun insfratruktur dan program-program yang dibutuhkan masyarakat, dia juga bisa menyapa dan berdialog dengan masyarakat.

“Sehingga ketika kita membuat program untuk masyarakat, sesuai uang mereka butuhkan,” kata Bupati Purworejo.

Kegiatan Saba Desa yang berlangsung selama dua hari ini, diawali dengan kunjungan ke Desa Tegalsari dan Blimbing. Di Desa Kaliwungu, bupati melakukan serangkaian kegiatan, diantaranya, dialog interaktif dengan masyarakat, jalan sehat, serta penanaman bibit dan tebar benih ikan di Sungai Cacaban. (Jon)