Milad ke 58, UMPurworejo Peringkat ke 4 PTS Terbaik se Jateng

    


Rektor UMPurworejo, Dr Rofiq Nurhadi, M.Ag., saat menyampaikan Laporan Tahunan Rektor dalam acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Milad ke-58 UMPurworejo di Ruang Seminar Kampus 3 Sucen, Sabtu (24/99/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPurworejo), berada pada peringkat ke 4 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik se Jawa Tengah. Secara Nasional, PTS terbesar di Purworejo ini berada di peringkat ke 74. Hal itu berdasarkan data World University Ranking (UniRank) per Agustus 2022.

Sementara dari versi webometrics, UMPurworejo berada pada peringkat ke-81 nasional dan peringkat ke-7 Perguruan Tinggi (PT) Muhammadiyah.

Hal itu diungkapkan Rektor UMPurworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag., saat membacakan Laporan Tahunan Rektor pada acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Milad ke-58 UMP di Ruang Seminar Kampus 3 Sucen, Sabtu (24/09/2022).

Menurut Rektor, capaian tersebut meningkat jauh dibandingkan peringkat pada tahun 2021. Disebutkan pula, UMPurworejo pada tahun 2022 ini telah menambah program studi (Prodi) baru, yakni Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

“Penambahan Prodi S2 tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja universitas dan menjadi contoh perkembangan Prodi S2 selanjutnya,” ujar Rofiq Nurhadi.

Capaian Akreditasi Prodi di UMPurworejo juga mengalami peningkatan dengan tidak ada lagi program studi dengan akreditasi C. Terdapat 12 Prodi dengan peringkat Akreditasi B dan 3 Prodi dengan peringkat Akreditasi Baik
.
“Hal ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang masih terdapat 3 prodi berperingkat Akreditasi C,” kata Rektor.

Pada bagian lain, Rofiq Nurhadi melaporkan sejumlah capaian yang berhasil diraih pada berbagai bidang. Mulai dari Bidang Akademik, Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Administrasi Umum, Kemahasiswaan, hingga Bidang Kerja Sama dan Pelaksanaan AIK.

Beberapa capaian tersebut, menurut Rofiq Nurhadi, menunjukkan komitmen besar dari UMPurworejo untuk terus berkembang menjadi institusi yang memberikan kontribusi bagi kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara.

Rapat Senat Terbuka dirangkai dengan sejumlah acara, antara lain peluncuran platform digital marketplace bernama Harga Mahasiswa yang dapat diakses melalui alamat www.hargamahasiswa.com serta aplikasi mobile.

Inovasi yang dikembangkan oleh Unit Inkubator Bisnis UMP tersebut menjadi upaya untuk membantu UMKM dalam mengenalkan dan memasarkan produknya dengan jangkauan yang lebih luas.

Ada pula peluncuran lembaga penerbitan bernama Surya Aksara Press yang didirikan pada 8 Desember 2021 dan telah disahkan keberadaannya oleh Perpustakaan Nasional RI pada 19 Desember 2021.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan mahasiswa berprestasi dan pidato ilmiah oleh Dosen UMP, Dr Junaedi Setiyono MPd, dengan makalah berjudul “Bersastra Ketika Beragama dan Beragama Ketika Bersastra: Upaya Melebarkan Sayap Dakwah”.

Sementara itu, Dr Anita Rinawati, S.Pd., M.Pd, selaku Ketua Panitia Milad ke-58 UMPurworejo, menjelaskan bahwa Laporan Tahun Rektor menjadi salah satu acara Milad ke-58 UMP yang rangkaian kegiatannya telah dimulai sejak Agustus dan dijadwalkan berlangsung hingga November 2022 mendatang.

“Milad tahun ini mengangkat tema “Together Inovatif Beneficial”. Sejalan dengan tema itu diharapkan kita mampu berinovasi dalam bidang pendidikan penelitian dan pengabdian agar bermanfaat bagi kehidupan beragama dan bernegara,” pungkas Anita Rinawati. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS