MA An Nawawi Berjan Purworejo Borong Piala di Porsema

    


Sebagian dari tim Porsema MA An Nawawi Berjan Purworejo yang berhasil meraih juara dari berbagai mata lomba - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pada perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (PORSEMA) Ke XII yang berlangsung 19-20 November 2022 lalu, kontingen MA An Nawawi Berjan Purworejo berhasil menyabet banyak piala kejuaraan.

Dari puluhan mata lomba yang dipertandingkan, tim MA An Nawawi berhasil menyabet 11 tropi juara 1, yakni pada lomba catur pa, lari sprint 100 meter pi, lari jauh 5 km pa, lari jauh 5 km pi, bulu tangkis pi, debat bahasa Arab, MTQ pa, MTQ pi, puisi religi pi, karaoke qosidah pa dan karaoke qosidah pi.

Untuk perolehan juara 2, pada lomba bulu tangkis pa, tenis meja pa, debat bahasa Inggris dan puisi 4 pa. Dan perolehan juara 3 pada Lomba lari sprint 100 meter pa, futsal, voly Pi, kaligrafi, poster dan pencak silat wiraloka pa.

Ketua Tim Official MA An Nawawi Berjan Purworejo, Lailatul Machsunah, S.H.I., menjelaskan, pihaknya mengirimkan 67 siswa yang mengikuti perlombaan di semua cabang.

Menurutnya, pihaknya hanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu sebagai persiapan untuk mengikuti event dua tahunan yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Ma’arif Kabupaten Purworejo ini.

“Atlet yang kita kirim diambil dari ekstrakulikuler sekolah,” jelas Laila, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, kegiatan ekstrakurikuler tersebut betul-betul dimanfaatkan sebagai sarana siswa untuk mengembangkan potensi diri. Sehingga MA An-Nawawi tidak kesulitan untuk mendapatkan bibit atlet yang siap bertanding kapanpun dan dimanapun.

Atas terselenggaranya Porsema tersebut, Laila menyebut, event bergengsi tersebut masih memiliki sejumlah kekurangan. Diantaranya tempat pertandingan yang kurang memadai dengan begitu banyaknya peserta.

“Untuk kedepan, tolong dipikirkan betul tempatnya. Kemarin itu tempat perlombaan sangat tidak kondusif, karena tempatnya terlalu jauh antar cabang lomba,” keluh Laila.

Hal tak jauh beda juga diungkapkan Kepala MA An Nawawi Berjan, Sahlan, S.Ag, M.S.I. Dia mengkritik penyelenggaraan event tersebut, dengan menyayangkan tidak adanya pengumuman resmi dari pihak penyelenggara terkait perolehan kejuaraan dari masing-masing sekolah.

“Bahkan sampai saat ini rekapitulasi juara secara resmi juga belum kami terima. Jadi belum diketahui siapa juara umumnya, khususnya untuk tingkat MA/SMK,” ujar Sahlan.

Untuk diketahui, event Porsema tersebut dipusatkan di SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri dan lingkungan sekitar Kecamatan Kemiri, serta diikuti 1.748 siswa tingkat SD/MI hingga SMK/MA se Kabupaten Purworejo. Karena berjenjang, peraih juara 1 dari masing-masing mata lomba akan maju ke tingkat provinsi. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS