Kenalkan Siswa pada Lingkungan Madrasah, MA An Nawawi Berjan Purworejo Gelar MATSAMA

oleh
Kepala MA An Nawawi Berjan, Purworejo, H. Sahlan, S.Ag., M.S.I., saat membuka MATSAMA yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada dua perwakilan siswa, Senin (17/07/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 402 siswa baru kelas X MA An Nawawi Berjan, Purworejo terdiri dari 170 siswa laki-laki dan 232 siswa perempuan, mengikuti kegiatan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) tahun pelajaran 2023/2024.

Berlangsung selama tiga hari, dari Senin (17/07/2023) hingga Kamis (20/07/2023), MATSAMA dibuka secara resmi oleh Kepala MA An Nawawi Berjan H. Sahlan, S.Ag., M.S.I., yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada dua perwakilan siswa.

Pembukaan MATSAMA bersamaan dengan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X-XII, bapak ibu guru dan karyawan. Pada kesempatan tersebut juga ada penyerahan reward siswa teladan dan siswa berprestasi tahun pelajaran 2022/2023.

Dalam sambutannya, Sahlan mengenalkan kembali kepada para siswa baru tentang program unggulan madrasah yakni Adiwiyata dan Literasi. Terkait kontrak belajar, siswa ditekankan agar selalu menjaga kebersihan dan menjaga ketertiban.

Siti Chodijah, S.Psi., selaku Wakil Ketua Panitia MATSAMA menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini, agar siswa lebih mengenal lingkungan madrasah, program-programnya apa saja serta supaya mereka lebih mengenal teman-temannya.

“Tema MATSAMA kali ini, ‘Mencintai Diri, Menjaga Lingkungan dan Mengamalkan Ilmu Menuju Pribadi yang Berkarakter’,” jelas Sicho, panggilan akrab Siti Chodijah, Senin (17/07/2023).

Mencintai diri, kata Sicho, lebih kepada bagaimana siswa harus membatasi diri dengan lawan jenis, bagaimana menghargai perbedaan, menghargai dirinya sendiri dengan tidak melanggar peraturan dan tertib mengikuti pelajaran.

Menjaga lingkungan, menurut Sicho, merupakan bagian dari program unggulan Madrasah Adiwiyata agar siswa cinta lingkungan dan mengamalkan ilmu. Karena ini madrasah berbasis pondok pesantren, mengharapkan anak-anak setelah keluar dari madrasah bisa mengamalkan ilmunya yang dituangkan dalam bentuk kegiatan belajar, setoran SKU kegiatan ekstra dan lainnya.

“MATSAMA kali ini lebih ditekankan pada pembentukan karakter, yang diwujudkan pada kegiatan Makesta (Moderasi Beragama dan Wawasan Kebangsaaan) di hari terakhir,” terang Sicho, sambil menambahkan, selama pelaksanaan MATSAMA, beragam materi disampaikan oleh narasumber.

Dijelaskan, materi-materi yang disampaikan selama MATSAMA meliputi, Pengenalan Kurikulum Madrasah Terintegrasi, Tata Tertib Madrasah dan Pesantren,
Pengenalan Organisasi dan Ekstrakurikuler, PBB.

Pendidikan Karakter Anti Bullying dan Bijak Bermedsos, Mars dan Hymne MA An-Nawawi Berjan Purworejo, Mars IPNU IPPNU, Mars Purworejo, Mars Pondok Pesantren An-Nawawi, Etika Berinteraksi dengan Lawan Jenis, Wawasan Wiyata Mandala dan Kepesantrenan, Pemaparan Program Adiwiyata dan Literasi.

“Hari terakhir diisi dengan pembentukan karakter melalui Makesta dan pemberian materi Makesta (Ke-IPNU dan IPPNU-an),” pungkas Sicho. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News