Hari Raya Idul Adha, SMK Kesehatan Purworejo Bagi-bagi Kambing

    


Penyerahan hewan kurban dari SMK Kesehatan Purworejo ke MTs N 1 Purworejo, Senin (19/07/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada hari Selasa (20/07/2021), SMK Kesehatan Purworejo bagikan tiga hewan kurban berupa kambing.

Ketiga hewan kurban ini, Senin (19/07/2021) dibagikan ke MTs N 1 Purworejo, MTs N 2 Purworejo, dan takmir masjid Al Abror, Pangenjurutengah, Purworejo.

Menurut Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, S.Sos, M.Pd, acara membagikan hewan kurban ini sudah menjadi agenda rutin tahunan sekolah, di Hari Raya Idul Adha/Idul Kurban.

“Kalau biasanya sebagian dibagi ke masyarakat/sekolah dan sebagian disembelih di sekolah. Namun karena dalam situasi Pandemi, semua hewan kurban dibagi ke masyarakat/sekolah,” jelas Nuryadin, Senin (19/07/2021).

Dipilihnya MTs N 1 dan MTs N 2 tersebut tersebut, karena siswa SMK Kesehatan Purworejo paling banyak berasal dari kedua sekolah tersebut.

Tujuan dari pembagian hewan kurban, jelas Nuryadin, karena hal tersebut merupakan bagian dari salah satu bentuk komitmen sekolah dalam menjalankan syariat agama Islam.

Dengan pembagian hewan kurban tersebut, Nuryadin berharap akan menambah kedekatan antara sekolah dengan masyarakat, juga memberikan berkah dan barokah kepada siapa saja.

“Semoga dengan kurban ini virus Corona hilang dari Indonesia,” ujar Nuryadin.

Terpisah, Daimurahman, S.H, M.Pd, selaku Guru Agama Islam dan Pembimbing Rohis di SMK Kesehatan Purworejo mengungkapkan, sekolah memiliki program keagamaan bernama latihan kurban.

Dengan latihan kurban, diharapkan dapat meningkatkan iman dan takwa kepada Alloh SWT, serta menumbuhkan kesolehan sosial, khususnya bagi para siswa dan warga sekolah, dengan berbagi dan peduli sosial.

“Semoga momen Idul Adha menjadikan kita semakin beriman dan bertakwa kepada Allah, serta menumbuhkan sifat sosial, yaitu dengan berbagi dan peduli kepada sesama,” pungkas Daimurahman. (Jon)