Eling dan Ngelingke, Cara SMKN 3 Purworejo Cegah Penularan Covid-19

    


Samsiyah, S.Pd, Kepala SMKN 3 Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMKN 3 Purworejo, melaksanakan program ‘Eling dan Ngelingke’, yang ditujukan untuk mencegah penularan Covid-19, khususnya di lingkungan sekolah.

Adanya program ‘Eling dan Ngelingke’ ini, menurut Kepala SMKN 3 Purworejo, Samsiyah, S.Pd, merupakan tindak lanjut dari SE Gubernur Jateng no 443.2/07091 tertanggal 11 Juli 2021, tentang Peningkatan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan.

“Kita diminta untuk saling Eling (ingat) dan Ngelingke (mengingatkan). Sebenarnya dalam keseharian, kita sudah melakukan itu, dengan saling Eling dan Ngelingke baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat,” ujar Samsiyah, Selasa (27/07/2021).

Eling, jelas Samsiyah, secara personal sebagai ASN (guru/ insan pendidik), berupaya untuk selalu memberi contoh teladan dalam melaksanakan prokes (protokol kesehatan).

Ngelingke, kata Samsiyah, harus selalu mengingatkan, menegur bila di lingkungan sekitar baik di sekolah maupun masyarakat ada yang tak mematuhi Prokes.

Di SMKN 3 Purworejo, ungkap Samsiyah, dari awal pandemi telah dibentuk Satgas Covid-19 yang diketuai Titi Yuli Istiqomah, S.Pd. Tugas dari Satgas ini, diantaranya mengatur, mengawasi, mengingatkan, dan memberikan contoh/teladan dalam penerapan prokes, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di lingkup sekolah.

“Jika ada yang terpapar, Satgas Covid-19 langsung melakukan tindakan tracing, melacak untuk mengendalikan dan meminimalisir penyebaran agar tidak meluas,” terang Samsiyah.

Eling dan Ngelingke, menurut Samsiyah, sudah dilakukan sehari-hari secara langsung. Disamping itu juga diaktualisasikan dalam bentuk video, sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat, terutama warga SMKN 3 Purworejo.

“Tujuannya, untuk ikut serta mencegah penyebaran Covid-19,” pungkas Samsiyah. (Jon)