Dibuka Bupati, Ribuan Pencari Kerja Mendaftar di Purworejo Job Fair 2022

    


Bupati Purworejo RH Agus Bastian, SE, MM, saat membuka Purworejo Job Fair 2022, Rabu (18/05/2022) di Ganesha Convention Hall - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo RH Agus Bastian, SE, MM, secara resmi membuka Purworejo Job Fair 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Dinperintransnaker) Kabupaten Purworejo, Rabu (18/05/2022), di Ganesha Convention Hall.

Dalam pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong ini, dihadiri Kepala Dinperintransnaker Ir Hadi Pranoto, para asisten, Kepala BPJS Kesehatan Purworejo, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Purworejo, forum BKK SMK, serta segenap tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan, Job Fair merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk menfasilitasi dan mendekatkan para pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Di satu sisi, Job Fair merupakan ajang kompetisi dari berbagai perusahaan untuk mendapat tenaga kerja yang benar-benar memenuhi kriteria. Di sisi lain, bagi para pencari kerja, Job fair juga menjadi ajang kompetisi antar pencari kerja untuk dapat bekerja pada perusahaan sesuai yang diinginkan.

“Job Fair kali ini berbeda dengan job fair tahun sebelumnya, diawali dengan pendaftaran pencari kerja secara online, yang kemudian dilaksanakan seleksi administrasi oleh perusahaan. Peserta yang lolos dipanggil dan dipertemukan dengan Perusahaan untuk seleksi tahap selanjutnya dengan jadwal yang telah ditentukan,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, data pencari kerja yang terdaftar pada Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja sampai bulan Maret 2022 sebanyak 1.473 orang, dimana 1.271 orang diantaranya sudah mendaftar di job fair.

“Dengan adanya Job Fair, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan penempatan tenaga kerja dan berdampak pada berkurangnya angka pengangguran di Kabupaten Purworejo,” kata Bupati, yang langsung mengadakan peninjauan ke stand-stand peserta Job Fair usai membuka acara.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati secara simbolis menyerahkan bantuan paket sembako dari BPJS Ketenagakerjaan kepada beberapa pekerja, yang merupakan perwakilan pekerja dari berbagai sektor.

Menurut Hadi Pranoto, Purworejo Job Fair 2022 diikuti 18 perusahaan dari berbagai daerah, termasuk beberapa perusahaan di Purworejo. Pelaksanaan Job Fair kali ini dikemas dalam format berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi kita betul-betul dekatkan antara perusahaan dengan pencari kerja. Jadi lebih intens, dalam artian supaya proses seleksi kita ikuti. Dari rekrutmen awal lewat aplikasi secara online, kemudian ada seleksi. Yang memenuhi kualifikasi dari perusahaan tersebut dipanggil sesuai jadwal yang telah ditentukan,” kata Hadi, yang didampingi Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Veny Yudha Apriyani, S.STP, MH.

Veny menambahkan, untuk penempatan kerja tahun 2021, sebanyak 3.097 orang. Dari jumlah tersebut, 1.955 orang diantaranya bekerja di antar kerja lokal, antar kerja antar daerah 808 orang, antar kerja antar negara 168 orang.

“Untuk penempatan job fair tahun lalu 166 orang,” terang Veny.

Ida Hanifa (22), salah satu pencari kerja yang ikut mendaftar pada dua perusahaan peserta Job Fair tersebut mengaku sangat terbantu dengan adanya Job Fair tersebut. Karena dia bisa mendaftar secara online dan akan langsung dipanggil jika lolos seleksi. (Jon)