Antusias Warga ‘Berbelanja Gratis’ di Event Penggak PKK Buleleng

    


Kali ini event Penggak PKK diadakan di Desa Pohbergong, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Rabu (17/6/2020) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – ‘Berbelanja’ gratis jadi pemandangan khas dalam setiap kegiatan ‘Penggak’ PKK. Kali ini event tersebut diadakan di Desa Pohbergong, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Rabu (17/6/2020).

Tampak, sejumlah ibu rumah tangga mencari kebutuhan pokok yang tertata di sebuah ‘penggak’. Kebutuhan beras, sayur mayur, minyak goreng, bumbu dapur, lauk pauk, teh, kopi beras maupun gula pasir, tersedia disana.

Bagi warga, kebutuhan rumah tangga sehari-hari yang disediakan, sangat membantu untuk mencukupi ketersediaan pangan.

Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengatakan, bahan pangan yang disediakan merupakan merupakan bentuk kepedulian TP PKK untuk masyarakat terdampak covid-19.

“Jangan dilihat materinya. Kecil memang, tetapi ini untuk membangkitkan semangat gotong-royong. Prinsipnya, kita senasib sepenanggungan,” kata Putri Suastini Koster.

‘Penggak PKK’ menjadi perwujudan kearifan lokal Sagilik Saguluk Salunglung Sabayantaka, Paras Paros Sarpanaya, Saling Asah, Asih, Asuh. Dalam kondisi pandemi, masyarakat Bali bersama-sama menghadapi segala sesuatu dalam suka maupun duka.

Tidak hanya membagikan bantuan sembako, Putri Suastini Koster juga memberikan bantuan bibit tanaman, masker dan leaflet informasi pencegahan covid-19.

“Leaflet ini secara khusus dirancang oleh Presiden kelima RI Megawati Soekarno Putri. Informasi ini sangat penting diketahui masyarakat, khususnya yang menetap di pedesaan,” ujarnya.

Seniman multitalenta itu juga tampak menghibur masyarakat dengan menyanyikan lagu Bali. Kegembiraan yang ditularkan dipercaya akan menambah imunitas bagi masyarakat di Desa Pohbergong. (Way/*)