70 Siswa SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri Ikuti BALTRA ke VII

    


Usai mengikuti BALTRA, para peserta menjalani pembaretan dan pelantikan oleh Kepala Sekolah, Rabu (18/12/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 70 siswa SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri, Kabupaten Purworejo, mengikuti BALTRA (Basic Leadership Training) angkatan ke VII selama tiga hari, dari Senin (14/12/2020) hingga Rabu (18/12/2020).

BALTRA ini diadakan dengan tujuan untuk memilih atau memantapkan siswa, yang nantinya akan menjadi tangan kanan ataupun tangan panjang SMK di kepengurusan dibawah OSIS, yakni, Pasus ( Pasukan Khusus ), OSIS, DewanAmbalan, IPNU (Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama), dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

“Akhir dari kegiatan BALTRA ini, ada pelantikan atau pembaretan yang dilakukan oleh kepala sekolah,” kata Waka Humas SMK VIP Ma’arif NU 1 Kemiri, Arsyad Wiyanto, S.Pd, Rabu (16/12/2020).

Dijelaskan oleh Arsyad, selama menjalani pelatihan, para peserta menerima beberapa materi, meliputi, jiwa korps, bagaimana menjaga kesatuan dalam leadership, materi PKS dari Satlantas Polres Purworejo, materi generasi remaja atau genre dari Dinas KB, serta materi PBB yang dilaksanakan oleh Detasemen C Pelopor Brimob Kutoarjo.

Secara internal, kata Arsyad, dari guru juga memberikan materi. Selama kegiatan berlangsung, siswa tinggal di sekolah dan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Harapannya, anak-anak tersebut akan menjadi anak pilihan, berbeda dengan yang lain, yaitu anak yang cerdas, disiplin religius dan berkarakter,” terang Arsyad.

Disiplin ini, kata Arsyad, disiplin waktu kegiatan, disiplin dalam menjalankan ibadah dan disiplin dalam menjalankan aturan. Berkarakter, menjadi ciri khas dari SMK VIP, bahwa siswa itu harus ta’dzim/hormat dengan bapak ibu guru, ustadz ustadzah ataupun di lingkungan mereka tinggal.

“Anak-anak ini, akan menjadi pioner, menjadi contoh bagi temen-temen yang lain,” pungkas Arsyad. (Jon)