34 Pesawat VIP KTT G20 Mendarat di Bandara Ngurah Rai

    


Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali - foto: Setpres

KORANJURI.COM – Sepanjang kedatangan delegasi KTT G20 Indonesia di Bali, Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 34 pesawat VIP pada 13-15 November 2022.

Dalam rinciannya, Bandara Ngurah Rai mencatat, pada 13 November 2022 ada 7 pesawat VIP delegasi KTT G20 yang terdiri dari 5 pesawat VIP delegasi kategori utama dari negara Indonesia, Rusia, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan.

Ditambah, 2 pesawat VIP delegasi kategori pendamping dari negara Perancis dan Amerika Serikat.

“Pesawat VIP delegasi KTT G20 yang mengangkut kepala negara dan kepala pemerintahan negara anggota G20 serta undangan, sudah tiba di Bali,” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, Selasa, 15 November 2022.

Pada 14 November, mendarat 25 pesawat VIP delegasi KTT G20. Rinciannya, 19 pesawat VIP delegasi kategori utama dari negara Senegal, Turkey, Uni Emirat Arab, Australia, dan Rwanda 2 pesawat.

Selain itu, pesawat dari Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, Argentina, Perancis, Afrika Selatan, Britania Raya, Kamboja, Spanyol, Italia, India, Jerman, Singapura, dan Belanda. Serta, 6 pesawat VIP delegasi kategori pendamping dari negara Turkey, Uni Emirat Arab 2 pesawat, Republik Rakyat Tiongkok, Spanyol, dan Australia.

Di tanggal 15 November, kedatangan 2 pesawat VIP delegasi KTT G20 dengan rincian 1 pesawat VIP delegasi kategori utama dari negara Arab Saudi. Serta, 1 pesawat VIP delegasi kategori pendamping dari negara Arab Saudi.

Selain Bandara I Gusti Ngurah Rai, ada 8 Bandara utama yang ditetapkan sebagai bandara lokasi penempatan pesawat VVIP dan pendukung.

8 bandara pendukung adalah Bandara Internasional Lombok, Juanda Surabaya, Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Yogyakarta, Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Sultan Hasanuddin Makasar.

Angkasa Pura I menyiapkan 67 parking stand pesawat di 9 bandara utama. Khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Angkasa Pura menyiapkan 17 parking stand pesawat. rinciannya, 14 parking stand untuk pesawat berbadan lebar dan 3 parking stand untuk pesawat berbadan sempit. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS