1.300 Personil Gabungan Ikuti Puncak Peringatan Hari Juang Kartika Ke-72

    


Puncak Hari Juang Kartika, diperingati jajaran Kodam IX/Udayana di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung, Puputan Badung, 15 Desember 2017 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Puncak Hari Juang Kartika, diperingati jajaran Kodam IX/Udayana di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung, Puputan Badung, 15 Desember 2017.

Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara diikuti oleh sekitar 1.300 personil gabungan.

Membacakan amanat Panglima Besar Jendral Sudirman, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak mengatakan, Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu Kasta yang berdiri di atas masyarakat.

“Tentara hanya mempunyai kewajiban satu, ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, sudah cukup kalau tentara teguh memegang kewajiban ini. Lagipula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh,” kata Pangdam IX/Udayana membacakan amanat PB Jenderal Sudirman, Jumat, 15 Desember 2017.

Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak juga mengatakan, dari hasil survei tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga negara, TNI menempati posisi tertinggi. Prestasi tersebut bukan sesuatu yang diminta tapi sebuah pengakuan dan penghargaan.

“Pencapaian itu tidak membuat TNI berbangga dan jumawa. Kepercayaan ini justru menjadi pemicu bagi kita dalam memberikan darma bakti kepada bangsa dan negara,” jelas Pangdam IX/Udayana.

Hari Juang Kartika Ke-72 di jajaran Kodam IX/Udayana diperingati dengan berbagai kegiatan seperti, ziarah ke TMP, syukuran maupun lomba lari 10 km yang digelar serentak di seluruh Kodam yang diikuti 67.328 orang dari berbagai kalangan.

Selain itu pemberian 27.152 paket sembako dan 2.976 paket santunan kepada veteran dan Warakawuri. Donor darah 20.460 orang, khitanan massal 2.486 orang, operasi bibir sumbing 247 orang, operasi katarak 2.668 orang.

Pengobatan massal juga menyasar kepada 16.262 orang dan di bidang karya bakti dilakukan penanaman 149.490 pohon di seluruh wilayah Indonesia

“Diharapkan dapat menjadi bagian peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” jelas Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak. (Way)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas