Wujudkan Birokrasi Anti Korupsi, Kemenkumham Jateng Borong 3 Penghargaan

    


Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Prestasi kembali ditorehkan oleh Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah dengan menerima penghargaan atas upaya mewujudkan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI melalui Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Inspektorat Jenderal, Rabu (03/11/2021).

Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah berhasil mengukir prestasi dengan meraih 3 penghargaan sekaligus. Penghargaan pertama merupakan apresiasi dalam Pembangunan Zona Integritas Tahun 2021. Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah berhasil meraih Nilai Tertinggi dalam Penilaian TPI menuju TPN untuk Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Capaian ini merupakan rata-rata dari nilai kolektif yang diperoleh seluruh Satuan Kerja di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh TPI.

Selain itu Kanwil Kemenkumham Tengah juga berhak atas penghargaan dalam Pelaporan e-LKHASN 2020 Kategori A dengan kriteria wajib lapor di atas 2000 pegawai. Pada kategori ini Kanwil Kemenkumham Jateng berhasil meraih Juara ke-2.

Terakhir, Kanwil Kemenkumham Jateng meraih Juara ke-3 dalam Pembinaan Satuan Kerja menuju WBK/WBBM Tahun 2020 Kategori A dengan kriteria di atas 27 Satuan Kerja.

Prestasi ini diterima atas upaya mendorong Satuan Kerjanya dalam meraih predikat WBK/WBBM. Diketahui pada tahun 2020, Kanwil Kemenkumham Jateng berhasil membawa 1 UPT berpredikat WBBM dan 10 UPT berpredikat WBK.

Atas perolehan prestasi tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin, mengapresiasi dan berharap dengan adanya penghargaan tersebut dapat lebih memacu semangat kinerja seluruh seluruh jajarannya.

“Kami bersyukur kerja keras kawan-kawan di satuan kerja mendapat apresiasi oleh Inspektorat Jenderal. Oleh karena itu kami harap dengan adanya penghargaan itu bukan membuat kita menjadi menurun tingkat kerjanya karena sudah berhasil, tetapi kita harus lebih keras lagi bekerja sehingga kita bisa meraih predikat WBK dan WBBM,” ujar Kakanwil saat ditemui usai kegiatan.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM, Yassona H. Laoly, dalam sambutannya turut menyampaikan apresiasinya kepada para satuan kerja yang telah berkinerja dengan baik. Para mitra kerja Inspektorat telah mampu berkolaborasi dengan sangat baik sehingga menjadikan hasil kinerja yang optimal.

“Inspektorat telah menjadi pengawal kinerja Kemenkumham. Saya mengapresiasi kepada seluruh jajaran maupun satuan kerja yang selama ini telah melaksanakan kinerja dengan baik,” jelasnya.

Rakorwas kali ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Inspektorat Jenderal Kemenkumham yang ke-55. Turut hadir secara langsung di Aula Ditjen Kekayaan Intelektual antara lain Inspektur Jenderal Kemenkumham Razilu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, dan Pimpinan Tinggi Madya lainnya. Serta Pimpinan Tinggi Pratama Pusat di lingkungan Kemenkumham, Inspektur Jenderal terdahulu, dan Mitra Eksternal seperti BPK dan Ombudsman.

Sementara itu di Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Kepala Kantor Wilayah A. Yuspahruddin didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi Jusman mengikuti jalannya kegiatan secara virtual dari ruang kerjanya. (Jon)