Wisuda Sarjana ke 65 UM Purworejo: 120 Wisudawan Berpredikat Cumlaude, 14 Lulus Terbaik

    


Prosesi Wisuda sarjana Universitas Muhammadiyah Purworejo ke 65, Sabtu (23/10/2021), di Auditorium Kasman Singodimedjo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo), kembali menggelar upacara wisuda di Auditorium Kasman Singodimedjo, Sabtu (23/10/2021).

Dalam upacara wisuda ke-65 tersebut, sebanyak 321 mahasiswa lulusan dari berbagai program studi diwisuda, yang diawali dengan Rapat Senat Terbuka.

Dr Rofiq Nurhadi, MAg, selaku Rektor UM Purworejo dalam acara wisuda tersebut menyampaikan, para wisudawan adalah putra-putri terbaik harapan bangsa, yang diharapkan turut menjadi bagian dari cendekiawan yang siap terjun membangun masyarakat, bangsa, dan negara.

“Sebutan Agent of Changes akan terus melekat pada diri anda semua. Tentu selaras, sebagai akademisi yang ditempa oleh nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan haruslah bisa menjadi rohmatan lil ‘alamin,” ujar Rofiq di hadapan para wisudawan dan wali mahasiswa, serta segenap tamu undangan lainnya.

Selepas wisuda ini, Rofiq berharap, para wisudawan menjadi orang-orang yang bermanfaat dengan tetap berpegang teguh kepada tali agama Allah yang sempurna.

Di era disrupsi digital dan ancaman degradasi moral, ungkap Rofiq, nilai karakter haruslah tetap dijunjung tinggi dan menjadi kunci kemajuan bangsa.

“Kami berpesan agar kita semua tidak kehilangan jati diri sebagai seorang yang cerdas dan berkarakter mulia,” kata Rofiq.

Disampaikan pula, keterlibatan kampus dalam berbagai kegiatan hibah MBKM (Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka) hingga memperoleh pendanaan lebih dari 1,7 M, capaian kinerja penelitian perguruan tinggi yang menempatkan universitas pada cluster madya, raihan 100 besar secara nasional pemeringkatan webometrik, kegiatan kerjasama berupa Join Converences dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri, pertukaran mahasiswa Internasional, dan rutinitas kampus mengirimkan delegasi mahasiswa pada Pekan Ilmiah Nasional adalah segelintir dari capaian UM Purworejo.

“Banggalah menjadi bagian dari ribuan Alumni Universitas Muhammadiyah Purworejo di luar sana, kabarkan bahwa ada kebaikan di universitas ini. Kabarkan bahwa universitas ini layak untuk dijadikan sebagai institusi untuk meraih harapan dan cita-cita,” ujar Rofiq mengakhiri sambutannya.

Terpisah, Dr. Yuli Widoyono, M.Pd selaku Ketua Panitia Wisuda menjelaskan, dalam wisuda kali ini, terbagi menjadi dua sesi, dan dilaksanakan dengan menerapkan prokes ketat.

“Untuk wisudawan dan wali mahasiswa, harus sudah divaksin, yang ditunjukkan dengan kartu vaksin,” jelas Yuli.

Para peserta wisuda, menurut Yuli, berasal dari 14 program studi, yakni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Teknik Otomotif, PGSD, Manajemen, Agribisnis, Peternakan, Teknik Sipil, Teknologi Informasi, Psikologi, dan Hukum.

“Untuk para wisudawan, semoga apa yang dicita-citakan sesuai dengan bekal yang diperoleh di UM Purworejo,” pungkas Yuli. (Jon)