Warga Binaan Rutan Purworejo Jalani Skrining HIV

    


Pelaksanaan tes urine dan tes skrining HIV bagi para pegawai dan warga binaan Rutan Purworejo, Kamis (03/09/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 128 warga binaan Rutan Purworejo, menjalani tes skrining HIV, Kamis (03/09/2020), bersamaan dengan pemeriksaan/tes urine narkoba bagi para pegawai rutan, dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Pelaksanaan tes urine dan tes skrining HIV tersebut, merupakan kerjasama antara Rutan Purworejo dengan Polres Purworejo dan Dinas Kesehatan, serta Puskesmas Mranti.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Baharuddin Loppa Rutan Purworejo tersebut, dipimpin langsung oleh Karutan Lukman Agung Widodo. Pelaksanaannya berdasarkan Surat dari Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenhukham Jawa Tengah, No: W13.UM.01.01-755, tanggal 27 Agustus 2020, tentang Pelaksanaan Tes Urine Mandiri bagi Petugas dan WBP di Lapas/Rutan.

“Saya percaya, dari seluruh pegawai kita, semuanya bersih dari penyalahgunaan narkoba. Jadi, jangan takut kalau dilakukan pemeriksaan semacam ini,” ujar Lukman, di hadapan para pegawai

Menurut Lukman, pihak Rutan Purworejo sangat peduli terhadap kondisi kesehatan warga binaan, sehingga dilaksanakan tes Skrining HIV sebagai langkah preventif dengan melakukan deteksi dini.

Dari kegiatan ini, diperoleh hasil bahwa seluruh pegawai Rutan Purworejo nihil narkoba, dan hasil tes skrining HIV bagi 128 warga binaan, semuanya non reaktif.

“Kami berharap, dengan adanya kerjasama ini, bisa semakin mendukung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan di Rutan Purworejo,” ujar Lukman. (Jon)