Wabup Purworejo Diwisuda Sebagai Wisuda Kinurmatan

oleh
Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat diwisuda sebagai Wisuda Kinurmatan (kehormatan) oleh Dewan Pengurus Daerah Permadani (Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia) Kabupaten Purworejo, Minggu (06/11/2022), pendopo eks Kawedanan Purwodadi - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH diwisuda sebagai Wisuda Kinurmatan (kehormatan) oleh Dewan Pengurus Daerah Permadani (Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia) Kabupaten Purworejo, Minggu (06/11/2022), pendopo eks Kawedanan Purwodadi.

Wisuda itu, bersamaan dengan wisuda siswa Pawiyatan Pranatacara tuwin Pamedharsabda Angkatan ke VII.
Wisuda dilaksanakan setelah seluruh siswa pawiyatan sebanyak 28 siswa menyelesaikan pelatihan.

Turut mendampingi Wabup Purworejo dalam kesempatan tersebut, Camat Purwodadi Dwi Agung Nugraheni SSTP MM, Pengurus Permadani Provinsi Jawa Tengah dan peserta wisuda pawiyatan.

Dalam sambutannya, Wabup Purworejo menyampaikan, bahwa
budaya Jawa saat ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat Jawa, karena perubahan zaman. Banyak orang Jawa yang tidak bisa berbahasa Jawa. Anak muda juga banyak yang memilih budaya Barat daripada budaya Jawa.

“Anak-anak juga lebih gemar bermain PS atau internet, dibandingkan permainan tradisional seperti jamuran, jithungan, gobag sodor dan lain-lain, ” ungkapnya.

Wabup menambahkan, memang benar bahwa budaya Jawa sangat terkenal. Banyak orang asing yang kagum budaya Jawa, karena budaya Jawa berbeda dengan budaya bangsa lain.

“Dalam budaya Jawa, mereka diajarkan aturan pernikahan, dan ada juga tata krama berbahasa, yaitu bagaimana berbicara dengan yang lebih tua, yang lebih muda, atau teman sebaya,” katanya.

Untuk itu Wabup mengajak kita semua bekerja sama untuk melestarikan budaya Jawa, agar tidak hilang dan dapat diwariskan kepada anak-anak kita di masa depan.

“Karena kalau bukan kita, siapa lagi yang akan membudayakan budaya Jawa,” pungkas Wabup. (Jon/adv)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News