Tiga Siswa SMK Kesehatan Purworejo Lolos Lomba Cerpen Tingkat Nasional

    


Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, S.Sos, MPd. - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Prestasi membanggakan diraih tiga siswa SMK Kesehatan Purworejo. Mereka, lolos dalam Lomba Penulisan Cerpen Tingkat Nasional yang diselenggarakan Grandia Publisher.

Atas prestasinya itu, mereka berhak mendapatkan hadiah dari pihak penyelenggara berupa, dua buku eksemplar antologi, merchandise, dan royalti dari penjualan buku.

“Cerpen karya tiga siswa kami itu masuk dalam penerbitan yang dikeluarkan Grandia Publisher,” jelas Kepala SMK Kesehatan Purworejo Nuryadin, S.Sos, M.Pd, Selasa (08/09/2020).

Ketiga siswa ini, Elvira Bella, kelas XII Keperawatan 3, judul ‘Hilang Asaku’, Anis Dewi, kelas XII Farmasi 1, judul ‘Genggaman’, dan Tri Yella, kelas XI Farmasi 1, judul ‘Amartha Annesti’.

Nuryadin mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih ketiga siswanya itu. Menurutnya, keikutsertaan siswa dalam lomba cerpen tersebut merupakan bagian dari strategi sekolah dalam rangka pengembangan potensi anak.

SMK Kesehatan Purworejo, ungkap Nuryadin, dalam kurikulum pendidikannya menerapkan konsep multiple intelligence, yakni, dengan mengembangkan seluruh potensi anak, seperti dalam bidang seni, olahraga, atau lainnya.

“Kita targetkan, dalam satu semester paling tidak ada lima hingga tujuh lomba-lomba yang harus diikuti, baik itu tingkat lokal maupun nasional,” kata Nuryadin.

Untuk semester ini, dari SMK Kesehatan Purworejo sudah mengikuti empat perlombaan. Selain Lomba Cerpen Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Grandia Publisher, juga ada Vlog Competition, yang diselenggarakan KPU Purworejo dalam rangka Pilbup 2020, Lomba Video PMR Peduli Covid Tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas Negeri Makassar, dan Kompetisi Band Pelajar Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Meski pada masa Pandemi, kata Nuryadin, pengembangan sekolah tak boleh berhenti. Justru ini menjadi tantangan bagi seluruh civitas akademika SMK Kesehatan Purworejo, untuk tidak patah semangat, dengan tetap memperlihatkan komitmen dan loyalitas terhadap sekolah, bangsa, dan tetap menjalankan fungsinya dengan baik.

Kata Nuryadin, sebagian dari lomba yang diikuti tersebut kini tengah dalam proses. Dan para siswa yang berprestasi dalam lomba tersebut, nantinya juga akan terima hadiah dan penghargaan dari sekolah, yang rencananya akan diberikan pada 29 Oktober mendatang, bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad, yang akan diisi dengan pengajian umum dan pentas musik.

“Kita juga akan launching album kedua kita di semester ini,” pungkas Nuryadin, yang masih merahasiakan judul lagu album keduanya itu. (Jon)