Satlantas Polres Purworejo Gencarkan Operasi Knalpot Brong, Ratusan Motor Diamankan

    


Ratusan motor berknalpot brong, berhasil diamankan Satlantas Polres Purworejo dalam beberapa kali operasi - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Satlantas Polres Purworejo terus menggencarkan operasi terhadap sepeda motor berknalpot brong atau yang bersuara bising alias racing.

Hal itu sebagai tindak lanjut dari instruksi pimpinan di Ditlantas Polda Jateng, dengan menindak pengendara berknalpot racing. Ke depan, akan banyak upaya yang dilakukan Satlantas Polres Purworejo, agar masyarakat aman dari kebisingan dan aman dalam berkendara.

Hal itu disampaikan Kasat Lantas Polres Purworejo, AKP Andika Alfatoni, SIK, saat dikonfirmasi usai melakukan ramah tamah dengan sejumlah awak media di RM Dargo Pangen Purworejo, Senin (29/08/2022).

“Upaya pencegahan juga bakal dimassifkan melalui sosialisasi ke bengkel-bengkel dan pengendara sepeda motor dalam berbagai kesempatan,” ujar Andika.

Disebutkan, selama lebih kurang 3 pekan dirinya menjabat sebagai Kasat Lantas baru di Purworejo, setidaknya 120 unit sepeda motor berknalpot racing berhasil diamankan. Pengendaranya diberi sanksi Tilang serta diminta memasang knalpot standar.

Sejumlah knalpot racing itu disita dalam penindakan rutin yang dilakukan setiap malam minggu dan malam-malam lainnya yang diprediksi menimbulkan kebisingan di lingkungan masyarakat.

“Sejauh ini knalpot racing di Purworejo cukup marak, tetapi masih dalam batas normal. Jika dibandingkan wilayah lain masih relatif sedikit, tetapi akan terus kita sisir,”kata Andika.

Alumni Akpol 2012 itu menambahkan, selain menggencarkan penindakan knalpot racing, Satlantas Polres Purworejo saat ini juga tengah fokus menurunkan angka Lakalantas. Kendati tidak sebanyak daerah lain, angka Lakalantas di Kabupaten Purworejo tercatat masih cukup tinggi.

“Kita sudah petakan di mana saja daerah rawan kecelakaan, setelah itu kita lakukan langkah-langkah strategis, seperti patroli dan memasang rambu-rambu di beberapa lokasi tersebut,” pungkas Andika. (Jon)

KORANJURI on GOOGLE NEWS