Satgas Denpasar: Peningkatan Covid-19 Dipicu Aktifitas Tinggi Masyarakat

    


Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Untuk menekan angka pertambahan kasus positif Covid-19, khususnya melalui transmisi lokal, Pemerintah Kota Denpasar melakukan pengetatan penerapan protokol kesehatan (prokes) di masyarakat.

“Setiap hari kami melakukan penegakan prokes dengan melibatkan instansi terkait, baik dari kepolisian, TNI, hingga desa adat,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai di Denpasar, Kamis (8/10).

Menurutnya, semakin hari kesadaran masyarakat semakin meningkat. Kendatipun demikian, lanjut dia, masih ada satu dua masyarakat yang belum disiplin menerapkan prokes.

“Yang jelas saat ini kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan sudah semakin meningkat,” Gede Rai.

Sementara, terkait peningkatan kasus, Dewa Rai menyatakan bahwa itu dipicu oleh aktivitas masyarakat yang cukup tinggi.

“Ini juga karena mulainya dibuka aktivitas pariwisata domestik, sehingga kedatangan masyarakat ke Kota Denpasar cukup tinggi,” ujarnya.

Denpasar merupakan Ibukota Bali, pusat perekonomian, baik yang berdagang maupuan yang lainnya.

“Kota Denpasar adalah pusat aktifitas, sehingga hal inilah yang menyebabkan interkasi masyarakat yang semakin tinggi. Jadi inilah menjadi pemicu penularan,” bebernya.

Dewa Rai mengingatkan, kunci agar terhindar dari virus bernama Sars-CoV-2 ini adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan. (Way/*)