Samsat Purworejo Operasikan Kembali Layanan Samkel dan Pos Si Manja

oleh
Roedito Eka Suwarno, Kepala UPPD (Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah) Kabupaten Purworejo, saat meninjau pelayanan Samsat Keliling di Kecamatan Grabag, Kamis (4/6/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Setelah sempat libur selama kurang lebih dua bulan, Samsat Purworejo akhirnya membuka kembali pelayanan Samsat Keliling (Samkel) dan Pos Si Manja (Sistem Melayani Antar Jemput Bayar Pajak), mulai Selasa (2/6) lalu.

Dengan beroperasinya kembali layanan Samkel dan Pos Si Manja ini, diharapkan masyarakat (wajib pajak) bisa memanfaatkan kembali layanan ini.

Dijelaskan oleh Roedito Eka Soewarno, Kepala UPPD (Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah) Kabupaten Purworejo, bahwa masyarakat sangat antusias menyambut beroperasinya kembali Samkel dan Pos Si Manja ini. Dia sangat mengapresiasi hal ini.

“Selama tidak beroperasional kebanyakan Wajib Pajak lebih memilih menunda dulu pembayaran pajak kendaraannya, menunggu hingga layanan mobil Samkel dibuka,” jelas Roedito, saat meninjau pelayanan Samkel di Kecamatan Grabag, Kamis (4/6).

Pada hari pertama buka, Selasa (2/6), mobil Samkel yang beroperasi di Kecamatan Loano ini, melayani 43 wajib pajak. Di hari kedua, dengan jadwal pelayanan di Kecamatan Bruno, mobil Samkel sudah melayani 117 wajib pajak.

Ini membuktikan, ujar Roedito, bahwa layanan Samkel sangat dinanti masyarakat. Meski layanan sudah kembali dibuka, namun tetap dengan memperhatikan ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah, dalam hal protokol Covid-19 yang ketat.

“Wajib pajak wajib memakai masker, diukur suhu tubuhnya, cuci tangan terlebih dahulu, dan tetap menjaga jarak,” terang Roedito.

Menurut Roedito, dengan menjalankan protokol Covid-19 ini, diharapkan masyarakat menjadi terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut, dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Diharapkan, kata Roedito, kebiasaan cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, menjadi suatu kebutuhan dan bagian dari kehidupan sehari-hari, tanpa ada paksaan, menuju New Normal.

“Jam layanan Samsat Keliling ini, buka dari jam 08.00 hingga jam 13.00 WIB setiap hari. Untuk Pos Si Manja, dari jam 08.00 hingga 11.00 WIB,” jelas Roedito.

Untuk jadwal Samsat Keliling, ungkap Roedito, hari Senin di Kecamatan Kemiri, Selasa di Kecamatan Loano, Rabu di Kecamatan Bruno, Kamis di Kecamatan Grabag, Jum’at di Kecamatan Kaligesing, dan Sabtu di Kecamatan Gebang. Untuk jadwal Pos Si Manja, hari Senin di Kecamatan Bruno, Rabu di Pasar Wolo, Nambangan, dan Jum’at di Pasar Grabag.

Untuk layanan Samsat Purworejo sendiri, kata Roedito, seperti pada Samsat Induk, Samsat Penunjang Bagelen, Samsat Paten Kutoarjo, Samsat Paten Bener, dan Samsat Paten Pituruh, buka seperti biasa, dengan jam pelayanan dari jam 08.00 hingga 13.00 WIB, dari hari Senin hingga Sabtu.

“Kita optimis, dengan kembali beroperasinya layanan Samsat Keliling dan Pos Si Manja ini, nantinya optimalisasi pendapatan semakin signifikan,” pungkas Roedito. (Jon)

KORANJURI.com di Google News