Regu Piros SMPN 2 Purworejo Raih Juara 2 LT IV Kwarda Jateng

    


Regu Putra Carolus dan Regu Putri Piros SMPN 2 Purworejo bersama pendamping dan seluruh pendukung, berfoto bersama usai mengikuti LT IV Kwarda Jateng, Jum'at (02/12/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Regu Pramuka Penggalang Putri ‘Piros’ dari SMPN 2 Purworejo, berhasil meraih juara 2 kategori Regu Berprestasi Baik dalam LT IV (Lomba Tingkat IV) Kwarda Jateng tahun 2022. Atas prestasinya ini, Regu Piros mendapatkan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan.

Dalam LT IV ini, Regu Piros mewakili Kwarcab Purworejo, bersama Regu Pramuka Penggalang Putra ‘Carolus’, juga dari SMPN 2 Purworejo. Dalam lomba yang berlangsung selama lima hari dari Senin (28/11/2022) hingga Jum’at (02/12/2022) di Bumi Perkemahan Candrabirawa Karanggeneng, Kota Semarang ini, mempertandingkan 33 cabang lomba.

Anni Wahyuningsih, M.Pd., selaku Pembina Pendamping Regu Piros dan Regu Carolus menyebut, dari puluhan cabang yang diperlombakan, Regu Piros berhasil menyabet medali emas pada cabang Pandu rangking 1, halang rintang, peta panorama, peta lapangan dan robotik.

“Ini perjuangan anak-anak yang luar biasa, karena mereka bisa menyelesaikan 33 cabang yang diperlombakan,” ujar Anni, Selasa (06/12/2022).

Anni mencontohkan, untuk di Tek Pram, peserta harus bisa perpetaan, menaksir, persandian, langkah Pramuka dan lainnya. Dalam perpetaan sendiri ada 4, yakni peta lapangan, peta pita, pita perjalanan dan peta panorama. Namun dengan persiapan matang selama hampir satu bulan, akhirnya semua bisa terlewati.

Menurut Anni, dari semua cabang lomba, yang paling berat ada di halang rintang. Karena dengan kondisi hujan dan licin, peserta harus melewati rintangan yang ada, seperti naik ke jaring laba-laba dan berayun. Toh begitu, dalam cabang halang rintang ini, dari Regu Piros berhasil meraih juara 1.

“Untuk Regu Piros, selain meraih beberapa emas, juga mendapat medali perak dan perunggu. Regu Carolus juga mendapat banyak medali perak dan perunggu,” ungkap Anni.

Lebih jauh Anni menjelaskan, dalam event bergengsi lima tahunan bidang Pramuka ini, dari SMPN 2 Purworejo bukan kali ini saja berkiprah di LT IV Kwarda Jateng. Pada 2002, regu putri mewakili Kwarcab Purworejo, tahun 2007 regu putra yang mewakili, tahun 2012 regu putra dan putri mewakili Kwarcab Purworejo dan tahun 2017 regu putra dan putri juga mewakili Purworejo maju ke LT IV Kwarda Jateng.

“Tahun 2012, regu putri mewakili Kwarda Jateng dan berhasil menyabet juara 2 nasional. Tahun 2017, regu putra juara 2 Kwarda Jateng dan regu putri juara 1 tingkat nasional,” terang Anni yang berharap kedepannya di tahun 2027 dari SMPN 2 Purworejo bisa kembali meraih juara 1 Jateng dan maju ke tingkat nasional.

Anni menjelaskan, masing-masing regu putra dan putri ini beranggotakan 8 siswa. Regu Putri Piros beranggotakan Maisie Naomi Azalia (8D), Divani Khairiya Putri (8E), Helga Carissa Riharsono (8G), Dona Bella Aura Adhani (8G), Chiquita Sukma Athaya (8C), Pinasti Anbarakaysi (8F), Faza Nafisatun Nisa (8C), Kinaya Anindhita Maheswari (8B).

Regu Putra Carolus beranggotakan Al Ghany Rizqi Wibowo (8D), Banyu Rizki Ekapraja (8B), Kantan Lucky Darmawan (8B), Radith Agung Prabowo (8D), Muhammad Iqbal Zulriansyah (8C), Zusran Adam Nathan (8D), Muhammad Kholid AT Romadhon (8D), Adventio Abram Ramiro (8A).

Selaku Kepala Sekolah, Sutarto, M.Pd., sangat mengapresiasi prestasi yang diraih anak didiknya itu. Dirinya merasa bangga, karena regu penggalang putra dan putri SMPN 2 Purworejo telah mewakili Kwarcab Purworejo dengan pelatihan yang luar biasa.

“Karena LT bukan hanya ketrampilan pengetahuan saja tapi meliputi ketahanan fisik, ketrampilan, nilai sikap seperti disiplin, kerjasama dan gotong royong, itu menjadi penilaian semua,” ujar Sutarto.

Dan yang paling utama, kata Sutarto, inilah bekal bagi anak-anak nanti untuk meraih masa depan, yang meliputi, perjuangan pantang menyerah, kerja keras, gotong royong serta disiplin yang nantinya sangat berperan saat memasuki ke dunia kerja atau masyarakat. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS