Proses Mudah dan Cepat, Bank Purworejo Luncurkan Produk Kredit Air Bersih dan Sanitasi

    


Dirut Perumda BPR Bank Purworejo, Wahyu Argono Irawanto, SE, MM, saat melaunching produk Kredit Air Bersih dan Sanitasi, Selasa (19/10/2021), di aula setempat - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM -Perumda BPR Bank Purworejo, secara resmi melaunching produk baru berupa Kredit Air Bersih dan Sanitasi, Selasa (19/10/2021), di aula setempat. Launching dilakukan oleh Wahyu Argono Irawanto, SE, MM, selaku Dirut Bank Purworejo.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Fajar Adi Nugroho selaku perwakilan dari Water.Org Indonesia, District Coordinator & Co-DC Pamsimas Kabupaten
Purworejo, perwakilan Pengurus KPSPAMS, perwakilan PDAM Purworejo, Dewan Pengawas dan Direksi Bank Purworejo, Kepala Divisi Bisnis, serta segenap tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wahyu menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para nasabah yang telah mendukung dan menjadikan Bank Purworejo sebagai Bank’e
Wong Purworejo dalam melakukan transaksi keuangan, khususnya dalam hal penyaluran kredit Air Bersih dan Sanitasi.

“Kepercayaan dan kesetiaan Bapak dan Ibu selama ini telah
membawa Perumda BPR Bank Purworejo tetap tumbuh dan berinovasi ditengah ketatnya
persaingan industri perbankan di era Pandemi yang tak kunjung usai,” kata Wahyu.

Dijelaskan, bahwa Program Kredit Air Bersih dan Sanitasi yang diluncurkan tersebut, bekerja sama dengan Water.org Indonesia, sebuah lembaga nirlaba internasional yang berfokus pada akses air dan sanitasi.

“Air bersih merupakan kebutuhan dasar bagi
manusia, sehingga ketersediaannya amatlah penting. Kebutuhan air bersih terus meningkat seiring dengan perkembangan populasi
manusia,” ungkap Wahyu.

Lingkungan dengan kepadatan penduduk tinggi, kata Wahyu, akan mengurangi
kemudahan akses air bersih karena masyarakat yang sebelumnya dapat memperoleh air bersih dari sumur gali, menjadi kesulitan akibat lahan yang terbatas.

Salah satu cara untuk memperoleh air bersih, jelas Wahyu, dengan memanfaatkan operasional KPSPAMS/PDAM. Hal ini dapat menjadi alternatif solusi untuk
air bersih dan sanitasi.

“Dengan adanya peran serta pembiayaan dari Perumda BPR Bank
Purworejo, diharapkan memberikan dukungan signifikan untuk peningkatan air bersih dan sanitasi di wilayah Kabupaten Purworejo,” ujar Wahyu.

Dalam rangka mendukung Program Pemerintah dalam menjamin akses Air Bersih dan Sanitasi, terang Wahyu, Bank Purworejo ditunjuk untuk memberikan skema pembiayaan untuk
peningkatan akses air bersih dan sanitasi, bekerja sama dengan Perbamida dan water.org, yang kerjasamanya telah dimulai dari tahun 2020.

Pembiayan Kredit Air Bersih dan Sanitasi ini, menurut Wahyu, digunakan untuk pembuatan WC/Toilet (lengkap dari tangki septik sampai bangunan atas), pemasangan pompa air, pembuatan sumur gali/sumur bor, pemasangan sambungan rumah (PDAM/KPSPAMS), penampung air/toren, sarana cuci tangan, dan lainnya.

Sasaran dari Kredit Air Bersih Dan Sanitasi ini, Kelompok Pengelola Sarana Prasarana Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) dan Industri / Perusahaan atau Perorangan, dengan program kerjasama wilayah pedesaan.

“Permohonan kreditnya mudah dan cepat dengan suku bunga bersaing. Kami akan mendampingi mulai dari permohonan kredit sampai kredit tersebut cair,” tandas Wahyu.

Fajar Adi Nugroho selaku perwakilan Water.org Indonesia sangat mengapresiasi Bank Purworejo yang telah mengambil peran dalam pembiayaan pembangunan sarana air bersih dan sanitasi. (Jon)