Polri Layani Rapid Tes Gratis di Lokasi CFD Gelora Bung Karno Senayan

    


Rapid test covid-19 gratis yang diadakan Polda Metro Jaya dilakukan sebagai rangkaian menyambut HUT ke 74 Bhayangkara 1 Juli mendatang - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kepolisian menyisir potensi penularan covid-19 di tengah masyarakat. Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Metro Jaya menggelar rapid test gratis kepada warga saat car free day di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/06/20).

1.000 rapid test kit disediakan. Warga yang ingin dites cepat covid-19 hanya perlu menunjukkan identitas KTP.

Kapusdokkes Polri Brigjen Pol. dr. Rusdiyanto mengatakan, hasil tes dapat diketahui dalam 10 menit. Warga juga diberikan surat keterangan hasil tes itu.

“Surat keterangan hasil rapid test ini juga dapat digunakan sebagai syarat perjalanan ke luar kota untuk masyarakat yang naik pesawat terbang, berlaku selama 3 hari,” kata Rusdiyanto, Minggu, 21 Juni 2020.

Dalam rapid test walk thru itu, jika ditemukan reaktif maka akan dilanjutkan dengan tes swab. Kalau hasil swab positif akan dilakukan isolasi mandiri.

Tes cepat itu melibatkan 88 tenaga medis. Tenaga kesehatan itu terdiri dari 32 orang dari Biddokkes Polda Metro, 30 orang dari Pusdokkes Polri, 15 orang Polri Tk.I Kramatjati, 5 tenaga Kesehatan Kodam Jaya dan 6 Dinas Kesehatan Pemda DKI Jakarta.

Pelaksanaan rapid test covid-19 itu dilakukan sebagai rangkaian menyambut HUT ke 74 Bhayangkara 1 Juli mendatang. (Bob)