Peringati HPN 2022, Pewarta Purworejo Lakukan Aksi Sosial

    


Aksi sosial berupa pembagian paket sembako dan santunan anak yatim, dilakukan Pewarta Purworejo dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional tahun 2022, Sabtu, (05/02/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Aksi sosial berupa pembagian paket sembako dan santunan anak yatim, dilakukan Pewarta Purworejo dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (05/02/2022) tersebut, selain untuk meringankan beban masyarakat, diharapkan menguatkan solidaritas antar anggota dan menjaga sinergitas Pewarta Purworejo dengan mitra kerja.

Pada baksos tahap pertama kali ini, Pewarta Purworejo menggandeng toko berjejaring Alfamart sebagai penyedia puluhan paket sembako.

Penyaluran paket sembako dan santunan anak yatim dilakukan bersama oleh perwakilan pengurus dan sesepuh Pewarta Purworejo serta tim Alfamart Purworejo di sejumlah titik, yakni di Panti Asuhan Muhammadiyah Kaligesing, Masjid Nurul Huda Brengkelan Purworejo, dan warga kurang mampu di Desa Kebon Gunung, Kecamatan Loano. Penyaluran bantuan akan dilakukan hingga puncak acara HPN.

“Jumlah paket sembako yang kita salurkan memang tidak seberapa, tetapi inilah wujud cinta dan kepedulian rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam Pewarta Purworejo kepada masyarakat. Begitu juga dengan santunan yang kita salurkan, ini sekaligus menjadi motivasi bahwa masih banyak pihak yang mau peduli dengan anak-anak yatim piatu,” kata Ketua Pewarta Purworejo, Jarot Sarwosambodo usai penyerahan santunan di Panti Asuhan Muhammadiyah Kaligesing.

Ketua Panitia HPN Tahun 2022 Pewarta Purworejo, F Daniel Raja Here, menyebut ada sebanyak 50 paket sembako dari Alfamart yang disalurkan. Sementara santunan yang disalurkan, sebagian juga berasal dari para donasi kegiatan HPN.

“Kami berterima kasih atas kerja sama para donasi dan mitra Pewarta Purworejo sehingga Baksos mengawali HPN ini dapat terlaksana dengan baik,” kata Daniel.

Menurut Daniel, HPN tahun ini sengaja dikemas sederhana mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19. Kegiatan lebih diarahkan pada kesosialan dan kemanusiaan dengan harapan masyarakat secara luas juga dapat turut merasakan momentum HPN.

Selain baksos, ada dua kegiatan utama lain yang akan digelar. Pada Senin (07/02/2022) besok, Pewarta Purworejo akan melakukan anjangsana ke sejumlah keluarga Pewarta Purworejo dan ziarah ke makam jurnalis yang telah meninggal. Selanjutnya sebagai puncak acara akan diselenggarakan Malam Resepsi HPN Tahun 2022 pada tanggal 9 Februari 2022 mendatang.

Kendati sederhana, Daniel berharap esensi dari peringatan HPN tahun ini tetap kena sebagaimana tema yang diusung yakni “Menguatkan Solidaritas dan Soliditas Pewarta Purworejo Menuju Pers Maju dan Bermartabat”.

“Secara eksternal kami berharap keberadaan Pewarta Purworejo ini kian dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Kemudian secara internal, harapannya dengan soliditas yang kuat kita mampu mewujudkan pers yang maju dan bermartabat. Profesional dan independen dalam menjalankan tugas,” tandasnya.

Branch Corporate Communication Alfamart Cabang Cilacap, Eko Mujianto, mengapresiasi Pewarta Purworejo yang telah melibatkan Alfamart dalam kegiatan HPN tahun ini. Pihaknya berharap, sinergitas ini dapat terus dijaga.

“Semoga paket bingkisan sembako ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Purworejo yang membutuhkan dan HPN menjadi momen di mana Alfamart bisa bersinergi dengan rekan-rekan media dalam program-program kemanusiaan,”ungkapnya.

Apresiasi untuk Pewarta Purworejo juga disampaikan oleh Wakil Kepala Panti Asuhan Muhammadiyah Kaligesing, Johan Martono. Menurutnya, kegiatan Baksos yang digelar sekaligus menguatkan persepsi masyarakat bahwa pers atau media tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat menyangkut soal pemberitaan. Lebih dari itu, pers dengan segala potensinya dapat menjadi motor penggerak kepedulian dan kemanusiaan.

“Anak-anak di panti asuhan ini ada sekitar 42 orang. Kehadiran teman-teman wartawan hari ini tentu menjadi kebanggan dan motivasi tersendiri bagi kami bahwa masih banyak pihak yang mau peduli,” pungkas Johan. (Jon)