Pentingnya Membangun Ekonomi Berbasis Milenial

    


Dr. KPP Andi - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Refleksi Hari Ulang Tahun Nahdlatul Ulama ke 95 th, senantiasa NU tetap memegang teguh nilai kebangsaan di dalam menjunjung tinggi keutuhan NKRI.

“Begitupun dalam hal pengembangan sumber daya manusia. Di ulang tahun yang ke 95th Nahdlatul Ulama terus berupaya berbenah diri membangun sumber daya manusia dalam rangka menghadapi tantangan jaman tehnologi 4.0,” jelas Dr. Kanjeng Pangeran Panji H. Andi Budi Sulistijanto Sosrohamijoyo, SH, M. IKom.

Ditambahkan Andi, tak dipungkiri, tantangan jaman ke depan semakin komplek, apalagi dunia mengalami disrupsi tehnologi. Sehingga manusia harus mampu mengikuti laju perkembangan tehnologi.

Oleh karenanya pembangunan sumber daya manusia mutlak di lakukan secara masif, agar kita tidak mengalami keterbelakangan tehnologi.

Begitupun dalam hal pembangunan kebudayaan, Trah PB IV Kraton Surakarta Hadiningrat yang juga pegiat budaya nasional ini menyampaikan, perlunya sinergitas dari berbagai pihak agar budaya yang kita miliki tak tergerus laju disrupsi teknologi jaman.

Edukasi dan literasi budaya lewat teknologi modern dapat diterapkan agar generasi muda mengenal dan mampu melestarikan budaya bangsa.

Sementara, di sektor ekonomi, bangsa ini hendaknya terus berupaya memperkuat sektor pertanian dan kelautan. Sebab kekayaan kelautan tidak hanya ikan dan hasil laut lainya, tetapi sumber daya mineral dan pariwisata juga menjadi kekayaan sektor kelautan.

Begitupun perlunya modernisasi peralatan dan tehnologi untuk para petani. Pemerintah diharapkan membuka seluas luasnya sektor pertanian untuk generasi muda sebagai cara membangun ekonomi berbasis milenial. (DJK)