Pengurus OSIS SMPN 26 Purworejo Dilantik, Kepsek: Disiplin Kunci Kesuksesan

    


Kepala SMPN 26 Purworejo, Dr Nikmatur Rohmah, M.Pd., saat melantik pengurus OSIS periode 2022/2023, Senin (09/01/2023) dalam sebuah prosesi - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 21 pengurus OSIS SMPN 26 Purworejo resmi dilantik, Senin (09/01/2023), dalam sebuah upacara. Pelantikan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Sekolah Dr Nikmatur Rohmah, M.Pd., ditandai dengan pengalungan bunga dan upacara serahterima dari pengurus lama ke pengurus baru.

Pengurus OSIS yang dilantik merupakan pengurus baru periode 2022/2023, yang diketuai
Maura Azizul Hakim (8C). Dia terpilih menjadi ketua OSIS dalam sebuah pemilihan yang dikemas seperti Pilkades.

Dijelaskan oleh Angga Putrawan K, S.Pd., sekertaris OSIS, proses pemilihan ketua OSIS diawali dengan seleksi hingga akhirnya mengerucut menjadi tiga nama calon, Vina Aulia (8E) dengan tanda gambar padi, Rafi Hendra (8E) dengan tanda gambar jagung dan Maura Azizul Hakim (8C) dengan tanda gambar Ketela.

“Dalam pemilihan yang diikuti semua warga sekolah, Maura akhirnya menang dengan 244 suara, disusul Rafi dengan 179 suara dan Vina dengan 118 suara,” ungkap Angga, yang didampingi Dedi Herat Saputra S.Pd., koordinator OSIS.

Usai pemilihan, kata Angga, seluruh jajaran pengurus OSIS mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) selama satu minggu dari 19 Desember hingga 24 Desember 2022. Materi yang diberikan selama LDK antara lain baris-berbaris (PBB), penyuluhan dari BKKBN, Kepolisian dan siraman rohani dari penceramah.

Setelah dilantik, para pengurus OSIS baru ini memiliki tugas, membantu semua kegiatan yang ada di sekolah sesuai bidangnya masing-masing. Misal keagamaan/rohani, olahraga/jasmani, pendidikan dan lainnya selama setahun kedepan.

Menurut Angga, selama proses pemilihan juga diisi dengan penyampaian visi misi masing-masing calon. Pada calon terpilih, dia mempunyai misi atau program kerja ingin memajukan sekolah, khususnya di bidang kedisiplinan, kerapian dan sopan santun terhadap sesama warga sekolah.

“Harapannya dengan Ketua OSIS terbaru ini, semoga semakin bagus dibanding tahun sebelumnya serta lebih bisa punya ide-ide yang cemerlang,” kata Angga, usai pelantikan.

Nikma (panggilan Nikmatur Rohma) menyebut, walaupun baru pertama kali seumur hidup dilantik dengan sebuah prosesi, tapi sesuatu yang baru ini bisa dimaknai kebaikan. Untuk OSIS yang baru bisa memberikan contoh kepada teman-temannya, serta OSIS lama, bukan berarti selesai tugasnya, tapi tetap menuntun adik-adik kelas yang OSIS baru.

“Ayo kita pokoknya disiplin aja orang hidup. Disiplin itu pangkal kesuksesan. Karena saya yakin dengan berdisiplin, nanti dikedepannya akan bisa hidup karena sudah terbiasa mau dididik dan dipimpin oleh seseorang. Orang yang bisa berdisiplin dia akan bisa hidup dimana dia berada,” ungkap Nikma, sambil menyebut beberapa contoh kesuksesan yang diawali dengan kedisiplinan. (Jon)