Pengabdian Masyarakat, UMPurworejo Serahkan Mesin Pemarut Serbaguna di Kebumen

    


Bantuan mesin pemarut serbaguna bagi UMKM "ZAHRIN" di Seliling, Alian, Kebumen dari UMPurworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM –
Tim dosen Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT) dan Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPurworejo), terdiri dari Wharyanti Ika Purwaningsih, Riawan Yudi Purwoko dan Fitri Rahmawati, melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan bantuan mesin pemarut serbaguna bagi UMKM “ZAHRIN” di Seliling, Alian, Kebumen pada Sabtu (24/09/2022).

Kegiatan tersebut merupakan realisasi dari program pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Dalam kegiatan yang dihadiri ketua UMKM “ZAHRIN”, Ketua Tim Pelaksana Wharyanti Ika Purwaningsih menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menerapkan sebuah alat yaitu mesin pemarut serbaguna untuk berbagai rimpang yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memproduksi berbagai minuman rimpang khususnya dalam proses pemarutan bahan baku rimpang.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan dalam pendampingan kegiatan pengabdian masyarakat di daerah dalam salah satu program pengabdian masyarakat untuk membantu masyarakat sekitar kampus,” kata Wharyanti.

Usai pemaparan dari ketua Tim Pelaksana, dilanjutkan dengan pelatihan penggunaan mesin pemarut serbaguna yang dipandu oleh Riawan Yudi Purwoko selaku anggota Tim Pelaksana.

“Semoga mesin pemarut serbaguna ini dapat memberikan dampak positif bagi UMKM,” kata Riawan, usai pelatihan.

Dari pengakuan ketua UMKM, Wahyuti, dirinya sangat antusias untuk segera menggunakan mesin pemarut yang diberikan, karena dirasa sangat mudah untuk digunakan, sebab dioperasikan menggunakan dynamo sebagai penggerak mesin.

“Semoga, kedepan akan ada mesin yang serupa untuk membantu produksi minuman berbahan baku rimpang untuk UMKM Zahrin,” ujar Wahyuti.

Peserta lain, Supinah berharap pendampingan dan pemberian bantuan alat dapat memberikan dampak nilai ekonomis ke UMKM “Zahrin”. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS