Operasi Zebra Lempuyang Keluarkan 37 Surat Tilang dan 199 Teguran

    


Suasana Operasi Zebra Lempuyang 2020 di jalan raya Bypass Dharma Giri, Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dalam sepekan Operasi Zebra Lempuyang, petugas lebih mengedepankan teguran simpatik tertib lalu lintas. Pemberlakuan tilang praktis hanya diberlakukan 2 hari.

Kasatlantas Polres Gianyar, AKP Laksmi Trisna Dewi Wieryawan mengatakan, masyarakat pengguna jalan ditekankan untuk mentaati 3M yakni Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak.

“Tilang hanya diberlakukan selama 2 hari, di awal operasi. Selanjutnya ada kebijakan dari pimpinan, tidak melakukan penilangan terhadap pelanggar. Kita hanya memberikan himbauan secara simpatik agar masyarakat tertib berlalulintas, serta senantiasa menerapkan protokol kesehatan,” kata Laksmi Trisna Dewi, Senin, 2 November 2020.

Data Satlantas Polres Gianyar menyebutkan, selama 2 hari awal operasi, ada 37 pelanggar yang ditilang. Teguran kepada pelanggar selama 2 hari ada 199 teguran.

“Ini trennya berkurang 93 persen dari operasi Zebra tahun 2019 lalu. Ini menunjukan bahwa masyarakat pengguna jalan raya sudah tertib berlalulintas,” ujarnya.

Ia berharap, para pengguna jalan agar senantiasa tertib berlalu lintas dengan melengkapi administrasi kendaraan dan memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) serta senantiasa mentaati protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Operasi Zebra Lempuyang tahun 2020 ini kita laksanakan dari tanggal 26 Oktober sampai 6 November 2020 mendatang,” kata Kasatlantas. (ning)