Nguri-uri Budaya, Siswa SMPN 14 Purworejo Kunjungi Museum Tosan Aji

    


Para siswa SMPN 14 Purworejo berfoto bersama usai melakukan kunjungan di Museum Tosan Aji, Selasa (11/10/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sekitar 25 siswa SMPN 14 Purworejo dari kelas IX, melakukan pembelajaran di luar kelas, Selasa (11/10/2022) lalu. Mereka mengunjungi obyek wisata budaya museum Tosan Aji Purworejo yang terletak di jalan Mayjen Sutoyo No.10, Plaosan, Purworejo.

Menurut Kepala SMPN 14 Purworejo, Dwi Retno Untari, A.Pd., kegiatan pembelajaran luar kelas tersebut, merupakan salah satu program kegiatan bidang kesiswaan, yang dimaksudkan untuk memperkenalkan salah satu hasil budaya bangsa warisan nenek moyang yang ada di Purworejo.

“Dalam kunjungan ini, siswa didampingi guru pengampu,” jelas Retno.

Kedatangan para siswa ini, disambut baik oleh petugas museum. Petugas menjelaskan, bahwa koleksi Tosan Aji yang disimpan ada yang berasal dari masa kerajaan Majapahit. Selain menyimpan benda-benda koleksi Tosan Aji seperti keris, pedang, cundrik maupun tombak, juga banyak benda cagar budaya lainnya seperti patung, prasasti, lumpang, batu pipisan dan lainnya.

Dengan melaksanakan kunjungan tersebut, ungkap Retno, para siswa dapat bertambah pengalaman dan tambah ilmu sejarah budaya yang ada di Purworejo.

“Diharapkan para siswa bisa selalu nguri-uri budaya yang ada di Purworejo,” pungkas Retno.
(Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS