MPLS SMPN 20 Purworejo, Berlangsung Virtual, Gunakan Video YouTube

    


Kepala SMPN 20 Purworejo, Suswanto, S.Pd, M.M.Pd, saat membuka MPLS secara virtual, Senin (12/07/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama 3 hari, dari Senin (12/07/2021) hingga Rabu (14/07/2021), 192 siswa baru kelas VII SMPN 20 Purworejo mengikuti MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), yang dilakukan secara virtual/daring.

Penyampaian materi selama MPLS, disajikan dalam bentuk video YouTube. Jadi siswa mengikuti MPLS di rumah masing-masing, dengan menonton video di YouTube melalui link yang sudah ditentukan.

Menurut Ketua Panitia MPLS, Marlan, S.Pd, kegiatan di hari pertama diisi dengan upacara pembukaan oleh Kepala Sekolah SMPN 20 Purworejo, Suswanto, S.Pd, M.M.Pd.

“Kemudian dilanjutkan dengan pemberian beberapa materi di hari selanjutnya, diantaranya, Wawasan Wiyata Mandala, pengenalan kurikulum, cara belajar efektif, pengenalan fasilitas dan sarana prasarana sekolah, serta materi lainnya. Semua dikemas dalam bentuk video YouTube,” ujar Marlan, Selasa (13/07/2021).

Sebagai bentuk kehadiran siswa dalam mengikuti MPLS, jelas Marlan, yang mewakili kepala sekolah, siswa harus mengisi atau meng-upload foto diri lewat twibbonize pada link yang sudah ditentukan. Twibbonize ini berslogan ‘Saya siap mengikuti MPLS daring SMPN 20 Purworejo tahun pelajaran 2021/2022’.

“Pada hari kedua ada evaluasi ataupun penugasan untuk siswa. Dan di hari ketiga, diakhiri dengan upacara penutupan. Setelah itu, siswa melaksanakan KBM (kegiatan belajar mengajar) secara daring melalui aplikasi Google Class Room,” terang Marlan, yang juga Waka Kesiswaan ini.

Marlan berharap, kegiatan MPLS bisa diikuti dengan baik, karena MPLS suatu kegiatan yang sangat diperlukan. Bagi siswa baru, SMPN 20 Purworejo ini merupakan lingkungan baru bagi mereka.

“Dengan MPLS juga untuk mendidik karater siswa agar menjadi anak yang Akhlakul Karimah, berintegritas, mandiri, serta kreatif dan inovatif,” kata Marlan.

Selama pelaksanaan MPLS, Marlan mengaku tak ada kendala, karena materi sudah dipersiapkan jauh-jauh hari oleh tim kreatif, dengan sajian video dan konten-konten yang menarik.

“Harapannya kegiatan MPLS di SMPN 20 Purworejo bisa berjalan dengan baik, targetnya terpenuhi, tanpa melanggar prokes,” pungkas Marlan. (Jon)