Mengenal Sosok Kolonel Inf Yudha Airlangga dan Merah Putih Terbesar di Udara

oleh
Foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kolonel Inf Yudha Airlangga saat ini menjabat sebagai Asisten Operasi Kasdam VI/Mulawarman.

Ia juga terlibat dalam Latma terbesar TNI AD-US Army Garuda Shield 15/2021 di Amborawang sebagai Supervisi Bidang Operasi Latma Garuda Shield 15/2021 yang dilaksanakan di Kodam VI/Mulawarman.

Perjalanan karir Kolonel Inf Yudha Airlangga cukup membanggakan. Saat menjabat sebagai Komandan Satgultor 81 Kopassus, ia menjadi sosok sentral keberhasilan tim penerjun Kopassus dalam pemecahan rekor MURI tahun 2016.

Di hari Jadi 76 Tahun Kemerdekaan RI ini, video pemecahan rekor MURI itu kembali viral. Sosok penting dibalik kesuksesan pemecahan Rekor MURI pengibaran merah putih terbesar di udara itu tak lain adalah Kolonel Inf Yudha Airlangga.

Ketika itu, Kopassus memperingati HUT Ke-64. Kolonel Inf Yudha Airlangga memimpin regu penerjunan dalam penerbangan bendera merah putih terbesar berukuran 22×33 meter di ketinggian 8 ribu kaki.

Penerjunan dilakukan dari Lanud Suparlan Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Penerjun terbaik yang terpilih menjadi pembawa kontainer bendera seberat beban 86 kilogram adalah Sertu Tedi M Romdhon.

Dua perwira Kopassus yang turut mengukur sejarah itu adalah, Kolonel Inf Ignatius Dedy sebagai Komandan Pusdikpassus serta Mayor Inf Mayor Andy Afandi sebagai Komandan Sekolah Para Pusdikpassus. (Bob)