Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Digelar di SMK Muhammadiyah Purwodadi

    


Pembukaan Lomba MTQ tingkat Kecamatan Purwodadi, Kamis (24/11/2022), yang diselenggarakan di SMK Muhammadiyah Purwodadi - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pemerintah Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, bekerjasama dengan KUA dan SMK Muhammadiyah Purwodadi, menggelar Lomba MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an) pelajar tingkat kecamatan, yang berlangsung Kamis (24/11/2022), di SMK Muhammadiyah Purwodadi.

Dalam lomba MTQ yang mempertandingkan Tartil, Tilawah dan Tahfidz itu, diikuti puluhan siswa putra dan putri yang berasal dari SD, SMP dan SMA/SMK SE kecamatan Purwodadi.

Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Purwodadi itu, dibuka secara resmi oleh Camat Purwodadi Dwi Agung Nugraheni, yang sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah bisa diadakan setelah sekian lama vakum karena pandemi,” ujar Heni, di sela kegiatan.

Menurut Heni, kegiatan ini termasuk dalam program pengembangan keagamaan dan sumber daya manusia, dan tentunya ini menjadi suatu wahana untuk syiar Islam.

Serta yang utama, kata Heni, juga ada fungsi edukatif kepada para generasi muda/ pelajar untuk membumikan Alquran dan ke depan bisa membentuk generasi muda milenial yang Qurani dan juga berakhlakul Karimah.

“Kita komitmen dengan LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Kecamatan Purwodadi untuk kedepannya Lomba MTQ ini juga bisa terselenggara secara rutin,” ujar Heni.

Muh Dain, S.Ag., selaku wakil ketua Panitia menyebut, Lomba MTQ diadakan dalam rangka untuk menghadapi seleksi atau musabaqoh di tingkat Kabupaten Purworejo pada 20 Desember 2022.

Menurut Muh Dain, tema MTQ ‘Membentuk Generasi Millenial yang Berakhlakul Karimah’, yang digelar karena prihatin terhadap event-event atau kegiatan non akhlak/agamis begitu meriah.

“Event ini digelar untuk membentuk Akhlakul Karimah dan membumikan Al Qur’an supaya anak-anak terbiasa dan termotivasi dengan Al Qur’an,” ungkap Muh Dain, yang koordinator Penyuluh Agama Islam dari KUA Purwodadi.

Kepala SMK Muhammadiyah Purwodadi, Sumarjo, S. Fil.I.,M.Pd., mengaku senang bisa menjadi bagian dari penyelenggaraan MTQ tingkat kecamatan.

“Setidaknya, ini menjadi bagian dari promosi sekolah. Karena pesertanya ada yang dari SMP, mereka menjadi lebih mengenal keberadaan SMK Muhammadiyah Purwodadi, dari sarana dan prasarananya yang sudah lengkap dan sekarang menjadi salah satu SMK Pusat Keunggulan,” pungkas Sumarjo.

Berikut nama-nama pemenang Lomba MTQ Tingkat Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo tahun 2022

Cabang Tartil Qur’an tingkat SD/MI kategori putra: juara 1 Abdurrahman Arkan R dari SD Muhammadiyah Purwodadi, juara 2 M.Zulfan Abdul Halim dari SDN Ketangi, juara 3 Bakti Kuncoro dari SDN Jogoresan. Kategori putri: juara 1 Diana Naylul Muna dari MI An Nur Jogoresan, juara 2 Kalianda Salwa Chalista dari SDN Geparang, juara 3 Fatimah Nurrohmah dari SDN Sukomanah.

Cabang Tartil Qur’an tingkat SMP/MTs kategori putra: Akbar Fatih Z dari SMP VIP Asy-Syafiyah Purworejo, juara 2 M Syifa Abror dari SMP Muhammadiyah Purwodadi, juara 3 Dimas Tri Handoyo dari SMPN 8 Purworejo. Kategori putri: juara 1 Fatimah An Najwa dari SMPN 8 Purworejo, juara 2 Nida Afdila Kuntoro dari SMPN 8 Purworejo, juara 3 Aulia Nafisha dari SMP VIP Asy-Syafiyah Purworejo.

Cabang Tartil Qur’an tingkat SMA/MA/SMK kategori putra; juara 1 Dicky Akmal Dini Fauzan dari SMK Muhammadiyah Purwodadi, juara 2 M Mustajib dari SMAN 9 Purworejo. Kategori putri: Destria Nur Ardita, juara 2 Suci Nurul Aizizah, juara 3 Diah Septiana.

Cabang Tilawatil Qur’an tingkat SD/MI kategori putri: juara 1 Nayla Rahmatuyl Ula dari SD Muhammadiyah Purwodadi, juara 2 Raniyah Khoirun N dari SDN Purwodadi, juara 3 Latifah dari MI An Nur Jogoresan. Kategori putra: juara 1 Fatih Adzka dari SDN MI Al Huda Kebonsari, juara 2 Brian Faleza dari SDN Purwodadi, juara 3 Maruf Abdurahman dari SD Bubutan.

Cabang Tilawatil Qur’an tingkat SMP/MTs putra: juara 1 Raditia Maulana dari SMP VIP Asy-Syafiyah Purworejo, juara 2 Muh Zaidan Zaki dari SMPN 8 Purworejo, juara 3 Bintang Oki dari SMP Muhammadiyah Purwodadi. Kategori putri: juara 1 Syirkah Titiara Putri dari SMPN 8 Purworejo, juara 2 Bunga Audia dari SMP Muhammadiyah Purwodadi, juara 3 Zarifah Mutmainah dari PP Nurul Wahid.

Cabang Hafidz Qur’an, 1 juz dan Tilawah putra; juara 1 Nawa Khoiron dari SMP VIP Asy-Syafiyah Purworejo, juara 2 Fathan Ghozi dari SMP VIP Asy-Syafiyah Purworejo, juara 3 Irza Malik dari SMPN 8 Purworejo. 1 juz dan Tilawah Putri: juara 1 Zharifah Mutmainah dari PP Nurul Wahid, juara 2 Winda Belinda dari SMPN 8 Purworejo, juara 3 Yesica Wahyu S dari SMP VIP Asy-Syafiyah Purworejo.

5 juz dan Tilawah putra: juara 2 M Ghozali dari PP Bongkot, juara 2 M Farel Al Fareby dari SMAN 3 Purworejo. 5 juz dan Tilawah Putri: juara 2 Rahmawati dari PP Bongkot, juara 3 Zainab Nur H dari PP Bongkot. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS