Khotmil Qur’an Akhiri Kegiatan Keagamaan Selama Ramadhan di SMK TKM Purworejo

    


Khotmil Qur'an, menjadi akhir atau puncak dari kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan di SMK TKM Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Khotmil Qur’an, menjadi akhir atau puncak dari kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan di SMK TKM Purworejo. Kegiatan yang dilaksanakan Kamis (28/04/2022) ini, diikuti oleh 60 siswa terpilih dari kelas X, XI dan XII.

Dengan pembagian bacaan 1 juz untuk dua anak, usai Khotmil Qur’an dilanjutkan dengan buka bersama, sholat magrib berjamaah, sholat isya dan taraweh berjamaah, dan dilanjutkan dengan membaca Yasin dan tahlil.

Menurut Kepala SMK TKM Purworejo, Ki Gandung Ngadino, SPd, MPd, banyak kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan di sekolah.

Setiap malam Selasa dan malam Jum’at ada kegiatan sholat taraweh berjamaah di sekolah yang diikuti siswa dan guru secara bergantian sesuai jadwal.

Setelah selesai taraweh, dilanjutkan dengan tadarus Al Qur’an yang sampai sekarang sudah khatam tiga kali.

“Mengapa itu dilakukan? Karena itu merupakan satu penanaman pendidikan karakter lewat agama,” ujar Ki Gandung.

Menurutnya, hal itu merupakan modal pertama sekolah dalam mendidik siswa supaya tidak hanya otaknya yang pintar, namun karakter agamanya kurang sehingga bisa menjadikan masalah nantinya ketika siswa sudah tamat dari sekolah.

Kegiatan keagamaan di SMK TKM Purworejo, jelas Ki Gandung sangatlah diutamakan untuk mendidik karakter. Hal itu sesuai motto SMK TKM Purworejo, yaitu SMK plus (Kebangsaan, Kerakyatan dan Pekerti Luhur).

“Semua guru dan karyawan sangat mendukung kegiatan keagamaan ini. Kami merasakan secara pribadi di hati kami, setelah dilaksanakan seperti ini kami merasa nyaman di sekolah ini,” pungkas Ki Gandung. (Jon)