HUT SMPN 4 Purworejo Ke-64, Bertekad untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

    


Puncak peringatan HUT SMPN 4 Purworejo ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Plt Kepala Sekolah, Sutarto, M.Pd dan diberikan kepada Ketua Komite Sekolah, Masrukhin - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – HUT SMPN 4 Purworejo yang ke 64, 1 Agustus 2022, diperingati dengan sangat sederhana. Puncak peringatan ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Plt Kepala SMPN 4 Purworejo, Sutarto, M.Pd dan diberikan kepada Ketua Komite Sekolah, Masrukhin.

Dihadiri oleh keluarga besar SMPN 4 Purworejo, dari siswa, guru, karyawan serta alumni dan sebagian orangtua siswa, peringatan HUT diawali dengan apel bersama, yang dilanjutkan dengan jalan santai mengambil rute dalam kota Purworejo .

“Usai jalan santai dilanjutkan dengan panggung hiburan dan pengundian doorprize. Banyak doorprize yang disediakan, berasal dari alumni, guru dan sponsor. Ada sepeda, kompor gas, magic com, kipas angin, dan lainnya. Acara juga dimeriahkan dengan lomba tumpeng antar kelas,” jelas Emi Nurhidayati, S.Pd, Ketua Panitia.

Menurut Eni, tema dari ulangtahun ke 64 ini, ‘SMPN 4 Purworejo Bertekad untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’. Hal itu dilakukan dengan pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka.

“Harapannya, semoga SMPN 4 Purworejo tetap sukses, bisa mencetak generasi penerus yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan negara. Maksudnya sukses dan ber Akhlakul Karimah dan bisa menjadi sekolah yang selalu ada di hati masyarakat,” kata Emi.

Disela kegiatan, Sutarto menyampaikan, usia 64 tahun merupakan usia cukup dewasa, apalagi bagi sebuah lembaga pendidikan, yang mestinya sudah melahirkan banyak alumni yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara dan dunia.

“64 tahun SMPN 4 Purworejo, menurut saya usia yang cukup matang untuk mendidik generasi muda, mengantarkan anak-anak didik kita mencapai cita-citanya di masa yang akan datang” kata Sutarto.

Apalagi, ungkap Sutarto, SMPN 4 Purworejo merupakan salah satu sekolah yang memenuhi harapan masyarakat sehingga pihaknya perlu bekerja keras untuk mewujudkan harapan masyarakat tersebut, terutama mendidik anak-anak untuk menjadi anak yang berAkhlakul Karimah.

Menurut Sutarto, sekarang yang paling utama dalam institusi pendidikan itu bukan hanya transfer ilmu, tapi mendidik karakter, sehingga tahun ini SMPN 4 Purworejo siap mewujudkan profil pelajar Pancasila.

“Perkembangannya luar biasa, tak hanya dari segi fisik saja, tapi dari segi mutu juga meningkat,” ujar Sutarto.

Dari segi mutu ini, lanjut Sutarto, ada peningkatan, baik itu di bidang akademik, non akademik, maupun bidang lain.

“‘Dari sisi prestasi, saya yakin juga ada peningkatan signifikan. Di Popda banyak prestasi, di FLS2N juga ada yang masuk kabupaten di bidang musik tradisional,” pungkas Sutarto. (Jon)