Hari Jadi I Organisasi PAKIS Bali Gelar Donor Darah

    


Aksi donor darah dalam rangka HUT I Paiketan Krama Istri Desa Adat (PAKIS) Bali, Senin, 13 September 2021 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Wadah Pasikian Paiketan Krama Istri Desa Adat (PAKIS) berusia satu tahun. Peringatan hari jadi itu diisi dengan donor darah, Senin, 13 September 2021.

Kegiatan sosial itu berkolaborasi dengan Pasikian Pecalang, Pasikian Yowana Bali, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Bali.

Manggala atau Ketua Harian PAKIS Bali TIA Kusuma Wardhani mengatakan, aksi kemanusiaan ini dilaksanakan untuk mensyukuri momentum satu tahun keberadaan PAKIS Bali, Pasikian Yowana dan Pasikian Pecalang Bali.

“Di tengah situasi pandemi ini, banyak orang yang membutuhkan sumbangan darah dan kesulitan memperolehnya,” kata TIA di Wantilan Gedung Pers K.Nadha.

Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat (PMA) Provinsi Bali I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Seputra menambahkan, donor darah merupakan aksi kemanusiaan yang mulia. Setetes darah yang disumbangkan akan dirasakan oleh mereka yang membutuhkan.

“Tetap berkegiatan dengan disiplin protokol kesehatan,” ujar Kartika Jaya Seputra.

Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Bali Ketut Pringgantara mengatakan, donor darah yang diinisiasi PAKIS Bali ini sangat membantu dalam mengumpulkan stok darah yang selama pandemi mengalami kendala.

“Kebutuhan darah meningkat, idealnya kami harus mengumpulkan 160 kantong setiap hari. Tapi di sisi lain, banyak yang takut mengunjungi fasilitas kesehatan sehingga kegiatan donor menjadi terkendala,” kata Pringgantara. (Way)