‘Guru Tonggo’, Cara PMR SMK Kesehatan Purworejo Ajarkan tentang Kesehatan

    


Anggota PMR Wira SMK Kesehatan Purworejo, berfoto bersama dengan para peserta Guru Tonggo di mushola Dusun Onggopaten, Desa Mudalrejo, Loano, Minggu (18/04/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Cara unik dilakukan PMR Wira SMK Kesehatan Purworejo, untuk mengajarkan tentang kesehatan pada masyarakat, khususnya anak-anak. Mereka, menggelar kegiatan yang diberi nama ‘Guru Tonggo’.

Pada Minggu (18/04/2021), kegiatan Guru Tonggo berlangsung di mushola Dusun Onggopaten, Desa Mudalrejo, Loano, Purworejo.

“Jumlah peserta Guru Tonggo ini, 29 anak dari TK, SD, dan SMP,” jelas Maisya Putri Shafa, Ketua Panitia Guru Tonggo, di sela-sela kegiatan.

Dalam kegiatan ini, kata Maisya, pihaknya menerjunkan 6 personil, dan kegiatannya dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, dengan peserta siswa TK dan SD dari kelas 1 hingga 3, diajarkan cara mencuci tangan, menggosok gigi, dan pemutaran film ilmu kesehatan.

Dilanjutkan dengan sesi kedua untuk siswa SD kelas 4, 5, 6, dan SMP, yang mengajarkan tentang kesehatan remaja, apotik hidup, dan pemutaran film kesehatan.

“Ada juga selingan kegiatan dengan mewarnai gambar menggunakan kertas lipat untuk SD kelas 4 dan 5, serta mengerjakan teka teki silang untuk kelas 6 SD dan SMP,” kata Maisya.

Menurut Maisya, tujuan dari kegiatan Guru Tonggo tersebut, sebagai media silaturahmi keluarga besar SMK Kesehatan Purworejo, untuk menambah wawasan dan pengetahuan, serta untuk menambah Aktualisasi Ilmu.

“Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi, dan Organisasi PMR Wira SMK Kesehatan Purworejo lebih maju lagi,” pungkas Maisya. (Jon)