Gerakan dari Monumen Pers

    


Monumen Pers di Kota Solo, Jawa Tengah - foto: Koranjuri.com Monumen Pers di Kota Solo, Jawa Tengah - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dari sudut pandang sejarah, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) berpeluang besar dalam membuat insan pers turut berpartisipasi secara aktif dalam menentukan perjuangan kemerdekaan bangsa.

Kepala Monumen Pers Nasional Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Hastjaryo mengatakan, momentum HPN saat ini juga menjadi awal insan pers dalam negeri untuk bekerja sama dalam menyebarluaskan optimisme di masyarakat.

“Dari Monumen Pers muncul gerakan yang mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Dari sini juga, mampu membuat insan pers ikut mewujudkan kemenangan dalam perang melawan pandemi global,” kata Widodo.

Monumen Pers Nasional, sebagai salah satu pilar sejarah pers di Indonesia, akan turut ambil bagian dalam perayaan tersebut. Menurut Widodo, pihaknya telah menyiapkan acara Festival Pers Nasional yang akan diisi sejumlah agenda besar seperti, talkshow ‘Ngopi Bareng di Monpers’, Pameran Virtual ‘Napak Tilas Sejarah Monumen Pers dan Kongres Wartawan Indonesia’, berbagai rangkaian lomba virtual interaktif, Gowes Bareng dan masih banyak lainnya.

Festival Pers Nasional 2021 mengusung tema utama ‘Napak Tilas 75 Tahun Sejarah Perjuangan Pers di Indonesia’. Tema ini diambil untuk mengenang sejarah perjuangan insan pers Indonesia 75 tahun silam, sebagai bagian dari perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Perjuangan panjang para insan pers Indonesia tersebut ditandai dengan Kongres Wartawan Indonesia pada 9 Februari 1946 di Gedung Societeit Mangkoenagaran (sekarang menjadi Monumen Pers Nasional) di Surakarta.

Kongres tersebut tidak hanya
dihadiri oleh kalangan wartawan, tetapi juga dihadiri oleh penerbit, pimpinan redaksi, penyiar radio, dan utusan dari Jawatan Penerangan di masa itu. Peringatan kongres ini juga yang akan menjadi agenda highlight dari Pameran Virtual yang akan digelar.

Sementara itu, Mahendra Ksatria Putra selaku Ketua Panitia Festival Pers Nasional 2021, mengatakan bahwa seluruh rangkaian acara telah dipersiapkan secara matang.

“Semuanya sudah siap, terutama
acara puncak 9 Februari 2021. Untuk kegiatan lomba juga sudah dipublikasikan melalui media sosial, dan antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi cukup tinggi. Ya, semoga acaranya lancar, amin” ungkap Mahendra.

Masyarakat dapat mengikuti seluruh alur rangkaian acara Festival Pers Nasional melalui kanal Youtube dan akun media sosial Monumen Pers Nasional yang lain. (*)