Empat Siswa MAN Purworejo Raih Juara pada MTQ Pelajar dan STQ Tingkat Kabupaten Tahun 2021

    


Empat siswa MAN Purworejo, peraih juara pada ajang MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an) Pelajar dan STQ (Seleksi Tilawatil Qur'an) tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2021 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Empat siswa MAN Purworejo, meraih juara pada ajang MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) Pelajar dan STQ (Seleksi Tilawatil Qur’an) tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2021, yang pelaksanaannya diselenggarakan pada Sabtu (06/11/2021) dan Minggu (07/11/2021).

Dari sembilan siswa yang maju dalam kejuaraan tersebut, empat diantaranya berhasil menyabet juara untuk beberapa bidang lomba, yakni, Tilawah, Tartil dan Tahfidz.

Keempat siswa berprestasi ini, Dina Kurniasih (X IIK 1), juara 1 Tilawah Pi, M. Wahib Kafabihi (X IIK 1), juara 2 Tilawah Pa, M. Rifki Khoirul Anam (X IIK 1), juara 2 Tartil Pa dan Lailatul Mardliyah (XI MIPA 1), juara 3 Tahfidz 5 Juz & Tilawah.

Atas prestasi yang diraih anak didiknya itu, Kepala MAN Purworejo, Khoirul Umam, M. Pd mengaku sangat bangga. Dirinya sangat mengapresiasi atas capaian prestasi tersebut.

Melalui Waka Humas Drs Bisri Mustofa disampaikan, bahwa secara umum pihaknya merasa sudah maksimal dalam usahanya mendidik siswanya, terutama di musim pandemi ini.

“Kami sudah mendidik anak-anak kami, generasi kami, terutama pendidikan karakter melalui pelatihan bacaan Al Qur’an, Tahfiz Al Qur’an, sehingga target pendidikan akhlak anak tercover untuk melengkapi pendidikan-pendidikan di bidang akademik,” ujar Bisri.

Menurut Bisri, MAN Purworejo terus memaksimalkan kegiatan pendidikan karakter, kaitannya menyikapi masa pandemi.

Karena sudah menjadi bahasa umum tentang kekhawatiran pendidikan karakter terutama akhlak pada generasi di musim covid ini sangat ada, termasuk kekhawatiran para pemerhati pendidikan.

“Orangtua merasa khawatir, termasuk para pendidik kami yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan merasa perlu membangun arahan-arahan yang konstruktif dan butuh gerakan-gerakan yang bersifat masiv. Sehingga nanti diharapkan mampu mengcover kendala-kendala yang terjadi selama masa pandemi ini,” ungkap Bisri.

Program MTQ ini, menurut Bisri, sangat perlu untuk pendidikan karakter anak. Dan MAN Purworejo sebagai institusi pendidikan yang berciri khas Islam siap dan terus membimbing peserta didiknya dalam pendidikan karakter. Dengan fasilitas Asrama Pelajar Islam “Nurul Ulum”, siswa mendapat pembinaan khusus, dan itu merupakan bagian dari Boarding School.

Harapannya, kata Bisri, setelah lulus, alumni MAN Purworejo sudah mendapatkan bekal ilmu keislaman terutama Al Qur’an, dan harus dikawal bagi semua program studi atau jurusan di MAN Purworejo yaitu Jurusan MIPA, IPS, IBB dan IIK. Hal itulah yang membedakan antara MAN dengan SMA, ada penambahan lebih pada materi agama.

“Komitmen kami, dengan sekian banyak fasilitas yang sudah kami punyai, kita akan coba membangun generasi yang sesuai visi misi kami, yakni, unggul prestasi, luhur pekerti dan peduli lingkungan,” pungkas Bisri. (Jon)