Daftar ke KPU, Partai Kebangkitan Nusantara Bali Datang Bawa 9 Dokar

oleh
Pimpinan Daerah (Pimda) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Bali I Putu Indra Mandhala Putra - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) datang ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dengan membawa 9 dokar. PKN jadi salah satu partai peserta pemilu 2024.

Jangan Dokar sebanyak 9 buah itu sesuai dengan nomer urut partai di Pemilu serentak 2024. Dokar sendiri adalah alat transportasi rakyat warisan budaya nusantara.

Pimpinan Daerah (Pimda) Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Bali I Putu Indra Mandhala Putra mengatakan, ada makna yang terkandung dalam transportasi dokar sesuai visi partai di bawah komando Gede Pasek Suardika.

“Dokar alat transportasi warisan budaya Nusantara, yang harus dilestarikan walaupun sudah tidak relevan dengan jaman saat ini tapi wajib dilestarikan,” kata Indra di Kantor KPU Bali, Sabtu, 13 Mei 2023.

Dalam proses penyerahan berkas pendaftaran calon legislatif, PKN membawa kuota penuh 55 Bacaleg untuk kursi di DPRD Provinsi Bali.

Harapannya, nanti akan terbentuk satu fraksi di DPRD tingkat 1. Untuk tingkat nasional atau DPR RI, PKN mentargetkan 2 kursi dari 9 caleg yang mewakili Dapil Bali.

“Targetnya di DPRD Bali bisa membentuk satu fraksi. Potensi kuat ada di Dapil Karangasem, Buleleng, Denpasar dan Dapil Bangli. Kuota perempuan juga terisi penuh 30 persen,” kata Indra.

Delman atau Dokar yang digunakan untuk kendaraan membawa berkas pendaftaran calon legislatif dari 55 Bacaleg yang diusung Partai Kebangkitan Nasional (PKN) Pimda Bali - foto: koranjuri.com
Delman atau Dokar yang digunakan untuk kendaraan membawa berkas pendaftaran calon legislatif dari 55 Bacaleg yang diusung Partai Kebangkitan Nasional (PKN) Pimda Bali – foto: koranjuri.com

PKN sendiri merupakan partai baru yang legalitas hukumnya baru dinyatakan lengkap pada 17 Januari 2022. Parpol yang baru berusia 1,5 tahun. Namun, berhasil menembus persyaratan sebagai parpol peserta Pemilu 2024.

Tak dipungkiri, kata Indra, sebagai partai baru, untuk mempersiapkan persyaratan mengikuti kontestasi politik lebih pendek dibandingkan parpol lain yang sudah eksis.

“Di saat partai lain sudah jadi Bacaleg, kita masih melakukan penggemukan struktur. Kemarin kita kebut, dalam seminggu terakhir sampai subuh, hasilnya hari ini, Sabtu (13/5/2023) kita bisa mendaftar,” kata Indra.

Partai Kebangkitan Nusantara lahir dari embrio Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan) yang pernah lolos di Pemilu 2009. Struktur lama kemudian dirubah dan menjadi Partai Kebangkitan Nusantara.

“Platform kita menjiwai semangat kejayaan Nusantara di era Majapahit melalui wawasan kebudayaan di era sekarang,” kata Indra. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News