Buka PKB Ke-46, AHY: Budaya Bali Tak Lekang Oleh Waktu

oleh
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono didampingi Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya membuka event Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46, Sabtu (15/6/2024) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Peed Aya atau parade budaya memeriahkan pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46 di areal monumen Bajrashandi, Denpasar, Sabtu (15/6/2024).

Sepanjang sebulan pagelaran, 15 Juni-13 Juli 2024, event kesenian terbesar di Bali itu diikuti oleh 13.515 seniman dari 275 sekaa atau sanggar seni di Bali.

Keterlibatan para seniman juga datang dari 10 Kabupaten/Kota di Indonesia dan 8 negara pada Bali World Culture Celebration.

“Meskipun Bali kaya akan masuknya budaya-budaya asing tapi budaya sendiri tak lekang oleh waktu,” kata Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono yang tahun membuka acara PKB Ke-46.

Para seniman nasional berasal dari Provinsi Jakarta, Kota Depok Jawa Barat, Kabupaten Lampung Barat, DI Yogyakarta, Provinsi Sumatera Selatan, Kota Kupang NTT, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Utara, Kota Surakarta dan Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah.

Pegiat seni dari luar negeri diantaranya berasal dari Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), India, Jepang, Hongkong, Ukraina, dan Malaysia.

Pesta rakyat terbesar yang digelar sejak 1978 itu mengangkat tema ‘Jana Kerthi: Paramaguna Wikrama’ atau Harkat Martabat Manusia Bali Unggul.

“Tema itu sangat kontekstual dan relevan dengan pembangunan sumber daya manusia unggul menuju Indonesia emas 2045,” kata AHY.

Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya mengatakan, PKB jadi event seni dan budaya yang bernilai sejarah dan bereputasi Internasional.

“Ajang kesenian ini sebagai wahana perlindungan, pelestarian dan pengembangan seni tradisi, klasik dan kesenian rakyat,” kata Mahendra Jaya.

Pembukaan PKB Ke-46 ditandai dengan pemukulan kulkul oleh Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Sejumlah undangan yang hadir diantaranya, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo dan Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama. (Way)

KORANJURI.com di Google News