BI Dukung Mesin Pengolahan Sampah Berbasis Sumber di Desa Adat Padangsambian

oleh
Penyerahan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) itu berupa mesin pengolah sampah organik dan non-organik kepada Desa Adat Padangsambian - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersinergi dengan Pemerintah Kota Denpasar melakukan Peresmian Tempat Pengolahan Sampah-Reduce Reuse Recycle (TPS3R).

Penyerahan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) itu berupa mesin pengolah sampah organik dan non-organik kepada Desa Adat Padangsambian.

Bendesa Adat Padangsambian I Made Suparman, ST. menjelaskan pendirian Tempat Pengolahan Sampah (TPS) ini sebagai bentuk peran aktif Desa Adat Padangsambian untuk menjaga kebersihan lingkungan sesuai arahan Gubernur Bali.

“Kami berharap seluruh pihak terkait dapat terus mendukung kemajuan TPS ini, serta ada peran aktif masyarakat sekitar untuk memelihara dan memaksimalkan fasilitas yang ada,” jelas Suparman.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho menambahkan, bantuan bantuan yang diberikan merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia dalam mendukung Program Pengolahan Sampah Berbasis Sumber.

“Dengan prinsip 3R (Reduce-Reuse-Recycle), sampah dan limbah dapat menjadi sumber daya terbarukan di sektor industri dan bernilai ekonomi yang juga bertujuan untuk konservasi lingkungan,” jelas Trisno Nugroho.

Pengelolaan sampah juga berpotensi membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar seiring dengan peningkatan kapasitas pengolahan.

Lebih lanjut, Bank Indonesia berharap bantuan ini dapat dimaksimalkan untuk mewujudkan pengolaan sampah yang terintegrasi dan menjadi pilot project pertama di Denpasar agar menjadi percontohan yang dapat direplikasi di berbagai daerah lain.

Pengolahan sampah ini turut mendukung komitmen Kepala Daerah di Bali untuk mewujudkan pengolahan sampah berbasis sumber guna menciptakan Bali bersih, serta desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan.

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya turut mengapresiasi bantuan yang diberikan Bank Indonesia. Rai Wirajaya berharap, Bank Indonesia diharapkan terus memantau dan mengawasi agar program bantuan ini berjalan sesuai tujuan yang ditargetkan.

TPS3R Desa Adat Padangsambian diresmikan oleh Walikota Denpasar Bapak I Gusti Ngurah Jaya Negara. (*)