Bertahan 4 Jam di Laut, Warga Turki Ditemukan Nelayan di Perairan Buleleng, Bali

    


Erhan Seckal (39), warga Turki yang jatuh ke laut di perairan Buleleng, Bali, ditemukan oleh nelayan dalam kondisi dehidrasi dan lemas - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Seorang warga negara Turki bernama Erhan Seckal (39) ditemukan terdampar di Pantai Desa Kubutambahan Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng Bali.

Dari pengakuannya, WNA tersebut jatuh dari kapal yang berangkat dari Australia menuju Vietnam, Kamis (5/5/2022). Saat kejadian, tidak ada awak kapal lainnya yang melihat karena posisinya berada dibelakang kapal.

WNA tersebut mengapung ditengah laut dan terdampar di sebelah dengan perjalanan kurang lebih 4 jam dari Pantai Segara Kubutambahan ke arah Utara.

Kepala Kanwilkumham Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk mengungkapkan, pihaknya menerima laporan dari seorang nelayan yang pertama kali menemukan orang asing tersebut.

“Menurut keterangan saksi Gede Budiasa seorang nelayan di Desa Kubutambahan, pada Kamis (5/5/2022) pukul 02.00 WITA, saksi menemukan orang asing itu saat bekerja di laut,” kata Jamaruli.

Ditambahkan, Tim Intelijen dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja menemui WNA asal Turki itu dirawat di Puskesmas Kubutambahan I.

“Karena saat ditemukan oleh warga keadaannya sangat lemah dan dehidrasi serta tidak membawa dokumen apapun,” ujarnya.

Dalam proses selanjutnya, Kedubes Turki tengah menyiapkan dokumen sebagai bukti identitas. Saat ini, warga Turki itu masih dalam pengawasan dan perlindungan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja. (Way)