Asih Indriasari, Siap Jadi Dewan yang Merakyat

    


Asih Indriasari, caleg DPRD Purworejo Dapil 3 (Bayan - Banyuurip) dari PDI Perjuangan - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sudah bukan menjadi rahasia lagi, menjelang pilihan legislatif, para caleg saling berlomba mencari simpati para pendukungnya. Namun jika sudah jadi anggota legislatif, mereka ‘melupakan’ konstituennya.

Hal inilah, yang melatarbelakangi Asih Indriasari (48), ibu empat anak, warga Wangunrejo, Banyuurip, Purworejo untuk ikut maju menjadi caleg DPRD Kabupaten Purworejo pada 2019. Dia bertekad mematahkan anggapan tersebut.

“Insya Alloh, dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa, jika saya jadi, saya akan menjadi anggota dewan yang merakyat,” ujar Asih, saat ditemui di rumahnya, Senin (25/6).

Dari pengamatan Asih, yang maju lewat partai PDI Perjuangan untuk Dapil 3 ( Bayan – Banyuurip) ini, selama ini, anggota dewan di Purworejo belum ada kedekatan dengan masyarakat dan pemerintahan desa.

Asih mencontohkan, dalam setiap acara Musrenbang tingkat kecamatan, sangat jarang dihadiri anggota dewan.

Padahal, ungkap Asih, justru dalam Musrenbang tersebut, seorang anggota dewan bisa merakyat, menyerap aspirasi atau keinginan rakyat yang sesungguhnya. Dasar itulah, yang menjadikan Asih maju menjadi caleg.

“Kebetulan ada peluang dan kesempatan. Ketentuan yang mengharuskan caleg partai 30 persennya dari perempuan, menjadikan peluang bagi saya untuk bersaing dengan caleg lainnya,” kata Asih, istri dari Bin Sudarmanto, Kades Wangunrejo ini.

Dengan memanfaatkan jaringan saudara, teman, kenalan, dan relasi suaminya sebagai kepala desa, Asih optimis bisa meraih banyak suara di wilayah Banyuurip dan Bayan ini.

Jumlah suara di Dapil 3 sendiri, kata Asih, mencapai 60 ribu suara. Untuk bisa menang, Asih menargetkan dapat minimal 6 ribu suara.

“Yang penting berusaha. Semuanya, Tuhanlah yang menentukan,” ujar Asih penuh optimisme.

Saat ini, Asih sudah resmi mendaftar, dan setelah melalui serangkaian tes, dinyatakan lolos. Dia akan bersaing dengan lima caleg lainnya dari PDI Perjuangan, untuk Dapil 3.

Wanita berpendidikan terakhir SLTA ini mempunyai visi dan misi, untuk menjadikan Purworejo lebih baik, dengan membangun secara fisik dan mental. Nantinya, Asih akan menggiatkan kegiatan – kegiatan yang bersifat kerohanian, di semua agama.

Asih, yang di kepengurusan PDI Perjuangan Kabupaten Purworejo menjadi anggota Badan Pemenangan Pemilu ini memiliki slogan Kita Bersama.

“Insya Alloh, jika sudah jadi anggota dewan, tidak akan lupa. Saya siap mengawalnya,” ujar Bin Sudarmanto menimpali, saat mendampingi istrinya. (Jon)