344 Siswa SMK TKM Purworejo Ikuti Istighosah Sukses Ujian

    


344 siswa kelas XII SMK TKM Purworejo, mengikuti istighosah sukses ujian, yang dilaksanakan di aula setempat, Senin (29/03/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 344 siswa kelas XII SMK TKM Purworejo, mengikuti istighosah sukses ujian, yang dilaksanakan di aula setempat, Senin (29/03/2021).

Para peserta Istighosah ini, dari empat kompetensi keahlian, Teknik Instalasi Listrik 63 siswa, Teknik Mekanik Industri 70 siswa, Teknik Komputer dan Jaringan 69 siswa, dan Teknik Pemesinan 142 siswa.

Istighosah dilaksanakan dua sesi. Untuk sesi pertama, dimulai jam 09.00 WIB, dan sesi kedua dimulai jam 13.30 WIB, dengan menghadirkan dua narasumber, KH Ahmad Abdul Haq dan KH R. Dawud Masykuri.

“Istighosah kita laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pesertanya, siswa yang akan mengikuti ujian, 45 putri, 299 putra,” jelas Ki Gandung Ngadina, SPd, MPd, Kepala SMK TKM Purworejo, Senin (29/03/2021).

Menurut Ki Gandung, tujuan dari istighosah atau doa bersama tersebut, agar siswa dalam menghadapi ujian lebih fokus. Dengan bimbingan kedua ulama tersebut, para peserta bersama-sama menyampaikan doa permohonan pada Tuhan, agar selama pelaksanaan ujian tidak ada hambatan.

“Bagi siswa yang non Islam, kegiatan kerohaniannya dilakukan di Gereja,” ungkap Ki Gandung.

Dijelaskan pula, di SMK TKM sendiri, 99 persen sudah siap melaksanakan ujian sekolah secara daring, yang akan dilaksanakan dari tanggal 5 April hingga 9 April 2021. Dari pihak sekolah sudah melaksanakan simulasi ujian selama dua kali.

Dan bagi siswa yang tak memiliki peralatan, ataupun jaringan internet di rumahnya tidak ada/ ada gangguan, dari sekolah akan memfasilitasinya, dengan melaksanakan ujian di sekolah. Pihak sekolah sudah menyiapkan 10 hp android untuk fasilitasi ini.

“Kita berharap, selama pelaksanaan ujian nanti, peralatannya tak ada gangguan. Siswa tetap fokus dan lebih siap. Semoga bisa lulus 100 persen,” pungkas Ki Gandung. (Jon)