SMPN 4 Purworejo Raih SPMI Award

    


Kepala SMP N 4 Purworejo, Drs Eko Partono, MPd, saat menerima penghargaan SPMI Award 2019 dari LPMP Jateng - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Prestasi membanggakan diraih SMP N 4 Purworejo. Sekolah yang beralamat di jalan Jenderal Urip Sumoharjo ini, berhasil meraih penghargaan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) Award 2019, dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah.

Penghargaan bergengsi ini diterima oleh Kepala SMP N 4 Purworejo, Drs Eko Partono, MPd, pada sebuah kegiatan yang berlangsung dari Kamis (19/12) hingga Sabtu (21/12) di Hotel Syariah Solo. Dan SMP N 4, satu-satunya sekolah di Purworejo yang mendapatkan award ini.

“Merupakan sebuah kebanggaan bisa meraih SPMI Award, sekaligus beban berat karena harus diupayakan dan dipertahankan dalam kegiatan maupun proses belajar mengajar,” ujar Eko Partono, Selasa (31/12).

Menurut Eko, penilaian SPMI Award dilihat dari terpenuhinya delapan standar pendidikan berdasarkan analisa mutu, meliputi, standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan, dan standar pengelolaan.

“Penilaian dilakukan melalui pendampingan dan hasil laporan kegiatan tim dari LPMP ke sekolah, dan menilai langsung hasil kegiatan,” terang Eko.

Lebih jauh Eko menjelaskan, dari Purworejo, ada lima sekolah yang dijadikan pilot project penjaminan mutu, yang punya tugas penjaminan di sekolahnya sendiri, dan berimbas ke sekolah lain. Kelima sekolah ini, SMP N 3, SMP N 4, SMP N 20, SMP N 23, dan SMP N 32.

“Lima sekolah imbas dari SMP N 4 Purworejo ini, SMP Sultan Agung, SMP Burderan, SMP Grantung, SMP Mutiara Bangsa, dan SMP N 39,” pungkas Eko Partono. (Jon).