Puluhan Ribu Umat Hindu Ikuti Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih

oleh
Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya mengikuti prosesi Nedunang Ida Bhatara dalam rangkaian ritual Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) 2024 di Pura Besakih, Karangasem, Bali - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Hari ini, umat Hindu Bali menggelar upacara Muspayang Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih, Karangasem, Bali Minggu, 24 Maret 2024.

Salah satu upacara terbesar di Bali itu digelar secara rutin pada setiap Purnama Sasih Kadasa setiap tahun. Periode upacara berlangsung selama 21 hari mulai 24 Maret hingga 14 April 2024.

Puluhan ribu pemedek atau umat mengikuti persembahyangan di Pura Besakih. Umat Hindu bukan berasal dari Bali saja tapi juga datang dari luar Bali.

Selama 21 hari Ida Bathara sebagai unsur Ketuhanan dari seluruh Bali diinapkan di pura yang ada di kawasan Pura Besakih. Selama periode waktu tersebut, umat yang ingin bersembahyang diberikan kesempatan.

Sebelum puncak ritual dilakukan prosesi Nedunang Ida Bhatara pada Kamis (21/3/2024). Dari kepercayaan Hindu, Ida Bhatara yang bersemayam di Pura Besakih diturunkan sebagai simbol lawatan ke bumi.

Prosesi Nedunang diiringi tari-tarian wali yang menjadi tarian sakral seperti, Topeng Sidakarya dan Wayang Gedog.

Pemucuk Mangku Pura Agung Besakih I Gusti Mangku Jana menjelaskan prosesi Nedunang Ida Bhatara dan Nuur Tirta serangkaian upacara Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih.

“Dilaksanakan di seluruh Pura dalam lingkup Kompleks Pura Agung Besakih. Termasuk, Ida Bhatara di Catur Lawa dan Pedharman masing-masing,” kata Mangku Jana.

Setelah keseluruhan Ida Bhatara tedun di Pesamuhan Agung selanjutnya diadakan prosesi ngayabang Ida Bhatara yang dipuput Ida Sulinggih. Dalam ritual itu, Pj. Gubernur Bali SM Mahendra Jaya mengikuti prosesi Nedunang Ida Bathara.

Pada ritual puncak Ida Bhatara Turun Kabeh yang jatuh pada Minggu, 24 Maret 2024, ratusan ribu umat Hindu memadati pura Besakih.

Pemprov Bali melakukan pengaturan persembahyangan menyesuaikan dengan jadwal yang ada. Jadwal itu diatur dalam SE Gubernur Bali Nomer: 12247 Tahun 2024 tentang tatanan bagi pemedek/pengunjung pada pelaksanaan karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih.

Sesuai SE Gubernur Bali, kunjungan pemedek dilakukan untuk seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Bali dan luar Bali yakni:

1. Kabupaten Bangli pada hari Kamis 28 Maret dan hari Sabtu 6 April 2024.

2. Kabupaten Gianyar pada hari Jumat 29 Maret dan hari Minggu 7 April 2024.

3. Kota Denpasar pada hari Sabtu 30 Maret dan hari Senin 8 April 2024

4. Kabupaten Jembrana pada hari Minggu 31 Maret dan hari Selasa 9 Apri 2024.

5. Kabupaten Tabanan pada hari Senin 1 April dan hari Rabu 10 April 2024.

6. Kabupaten Badung pada hari Selasa 2 April dan hari Kamis 11 April 2024.

7. Kabupaten Buleleng pada hari Rabu 3 April dan hari Jumat 12 April 2024.

8. Luar Bali pada hari Rabu 27 Maret dan hari Sabtu 13 April 2024. (Way)