Peringati Haornas, SMK PN-PN2 Purworejo Gelar Jalan Sehat dan Lomba Senam Profil Pelajar Pancasila

oleh
Kegiatan jalan sehat SMK PN-PN2 Purworejo dalam rangka memeriahkan peringatan Haornas tahun 2022 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Memeriahkan peringatan Haornas (Hari Olah Raga Nasional) tahun 2022, SMK PN-PN2 Purworejo menyelenggarakan kegiatan jalan sehat dan lomba senam antar kelas, Jum’at (09/09/2022).

Diawali dengan doa bersama yang dipimpin H. Suhad, S.Pd., M.M.Pd., peserta jalan sehat diberangkatkan oleh pembina Yayasasan Pembaharuan Drs. Arie Edi Prasetyo, M.B.A tepat pukul 07.00 WIB.

Dalam arahannya, Arie berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tertib, riang gembira dan penuh semangat, sehingga kegiatan dengan kegiatan tersebut, selain memberikan manfaat sehat bagi tubuh juga mampu menjadikan tontonan dan tuntunan bagi warga sekitar.

Menurut Sugiri, S.Pd., M.Pd , selaku Kepala SMK PN Purworejo, kegiatan jalan sehat tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan warga sekolah, selain meningkatkan kecintaan terhadap hidup sehat, juga mampu memberikan kegiatan positif bagi warga sekolah yakni dapat meningkatkan sportifitas dan prestasi siswa.

Selain melibatkan semua siswa, kegiatan ini juga diikuti oleh semua guru dan karyawan SMK PN-PN 2 Purworejo, sekaligus sebagai pendamping dan penjaring.

Dalam jalan sehat, nampak di bergodo paling depan ada pasukan pembawa bendera merah putih dan panji-panji SMK PN-PN 2 Purworejo, yakni bendera sekolah, Cintaldo, dan pramuka.

Peserta jalan sehat tidak boleh saling mendahului, posisi terdepan adalah rombongan pimpinan dari unsur yayasan dan kepala sekolah, sedangkan wali kelas berperan sebagai pengampu dan pendamping siswa, juga sebagai penjaring dengan posisi paling belakang.

Dalam kesempatan yang sama Rakhmi Widayati, S.Sos., Kepala SMK PN 2 Purworejo, menyampaikan, bahwa Peringatan Hari Olahraga Nasional bertujuan agar warga sekolah memahami pentingnya berolahraga dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Pelaksanaan lomba Senam Profil Pelajar Pancasila di SMK PN-PN2 Purworejo, Jum’at (09/09/2022) – foto: Sujono/Koranjuri.com

Selain itu juga sebagai upaya memotivasi siswa untuk berprestasi, menjaring bibit olahragawan yang berbakat sesuai tema dari Haornas ke-39 tahun 2022, ‘Bersama Cetak Juara’.

“Sekolah siap memfasilitasi lewat pembinaan di bidang olah raga dan dukungan prasarana,” kata Rakhmi.

Adapun rute jalan sehat dimulai dari kampus-jalan Kesatrian-jalan Urip Sumoharjo- Bendung Boro-Punthuk-Tambak-Pantok-Jalan A.Yani- Alun-Alun Purworejo dan finish di kampus.

Saat peserta sampai di alun-alun, mereka disambut oleh Marching Band SMK-PN2 Purworejo yang selanjutnya mengawal peserta sampai finish di kampus. Kegiatan ini cukup menarik perhatian masyarakat dengan aksi mayoretnya. Peserta sampai di finish pukul 09.30 WIB, dilanjutkan pembagian snack per kelas.

Kegiatan dilanjutkan dengan lomba Senam Profil Pelajar Pancasila. Senam ini, setiap hari dilaksanakan di sekolah sebelum dimulainya pembelajaran. Hal ini sebagai upaya sekolah untuk menanamkan karakter Profil Pelajar Pancasila dan kebugaran bagi siswa.

Kegiatan lomba wajib diikuti oleh 10 siswa perwakilan dari masing-masing kelas. Suasana Lomba semakin meriah karena dukungan suporter dari masing-masing kelas. Berbagai hadiah yang menarik disiapkan pihak panitia, dengan mengambil juara 1, 2 dan 3. (Jon)

KORANJURI on GOOGLE NEWS