Festival Tunas Bahasa Kuatkan Pelestarian Revitalisasi Bahasa Daerah

oleh
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa E. Aminudin Aziz - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 520 peserta dan 38 pendamping dari 25 provinsi menyemarakkan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, 1-5 Mei 2024.

Di tengah kerentanan penutur bahasa daerah, event tersebut sekaligus menjadi promosi keragaman Bahasa Daerah yang ada di Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa E. Aminudin Aziz mengatakan, FTBI masuk dalam program manajemen talenta nasional.

“Sehingga para juaranya akan memiliki kebanggaan karena talentanya diakui oleh pemerintah,” kata Aminudin, Kamis, 2 Mei 2024.

Aminudin menambahkan, program Revitalisasi Bahasa Daerah, festival ini menjadi wadah diseminasi perlindungan bahasa dan mensosialisasikan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Bahasa dan pemerintah daerah.

Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) Tahun 2024 sendiri telah dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia.

FTBI di daerah dilakukan secara berjenjang, mulai dari festival tingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi.

Event itu untuk memilih anak-anak yang dipandang memiliki talenta luar biasa pada bidang dan materi yang dilombakan.

Para pemenang di tingkat provinsi inilah yang kemudian diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti festival tingkat nasional.

Bidang yang dilombakan yakni, membaca dan menulis aksara daerah, menulis cerita pendek, membaca dan menulis puisi, mendongeng, berpidato, tembang tradisi, dan komedi tunggal. (Way)