PPDB SMP Sapta Andika

    

Wajibkan Calon Siswa Baru Ikuti Tes Wawancara

I Wayan Sutarjana/Koranjuri.com

I Wayan Sutarjana/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Proses penerimaan siswa baru di SMP Sapta Andika Denpasar mewajibkan siswa ikut dalam pendaftaran. Kepala Sekolah setempat, I Wayan Sutarjana mengatakan, pihaknya perlu melakukan interview secara langsung kepada calon siswa baru.

“Kita sekolah swasta dan seleksi pendaftaran tidak mutlak menggunakan NEM. Yang kita perlukan adalah melihat kepribadian siswa dari tes wawancara,” jelas Wayan Sutarjana.

PPDB tahun pelajaran 2016/2017 ini SMP Sapta Andika Denpasar hanya membutuhkan 10 rombongan belajar (rombel). Namun total jumlah pendaftar mencapai 680 orang. Sutarjana mengatakan, dengan telah berdirinya gedung baru jumlah siswa baru yang ditargetkan masuk mampu memenuhi kuota yang ditetapkan.

“Kami sudah tidak lagi pinjam gedung dari sekolah lain,” ujarnya demikian.

Sementara, usai merekrut siswa baru pihaknya melaksanakan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang seluruh kegiatannya dipusatkan di areal sekolah.

Dikatakan Sutarjana, sesuai Permen No 18 tahun 2016, mPLS menjadi kegiatan pengganti masa orientasi siswa dengan materi yang menekankan pada pembelajaran lingkungan bukan perploncoan.

Materi etika diungkapkan Sutarjana, adalah bagian utama yang diberikan untuk siswa baru dalam mengenali lingkungan sekolah mereka, selain kegiatan kedisplinan seperti baris berbaris.

“Secara umum guru menjadi pendamping utama, tapi disini kita juga libatkan OSIS untuk mendampingi adik-adik kelasnya,” jelas Sutarjana.

Kebersihan lingkungan juga menjadi kegiatan siswa baru di sekolah itu dalam mendukung program pemerintah kota Denpasar. “Walikota saat ini tengah intensif melakukan gerakan kebersihan lingkungan. Kita mendukung program dari hal terkecil di lingkungan sekolah,” jelas Sutarjana.
 
 
Way



    





News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas