Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H di SMP N 10 Purworejo

    

Kembangan Pendidikan Karakter di Sekolah

Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H di SMP N 10 Purworejo, Jum'at (16/12) - foto: Sujono/Koranjuri.com

Suasana peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H di SMP N 10 Purworejo, Jum’at (16/12) – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Untuk pengembangan pendidikan karakter dan penumbuhan budi pekerti, SMP N 10 Purworejo mengadakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H, Jum’at (16/12), bertempat di aula setempat.

Kegiatan diikuti oleh seluruh guru, karyawan, dan siswa, dari kelas 7,8,9. Sebagai penceramah, menghadirkan Ustad Ahmad Abdul Haq, pengasuh Ponpes Sabillul Muttaqin, dari Kalimiru, Bayan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMP N 10 Purworejo, Sutarto, SPd, Md menjelaskan, bahwa kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad tersebut merupakan program sekolah, yang bertujuan untuk peningkatan iman dan taqwa kepada Tuhan YME.

“Dengan kegiatan ini, kita bisa meneladani sifat dan akhlak Nabi Muhammad SAW yang mulia,” terang Sutarto.

Dihadapan ratusan siswa, Ustad Ahmad memberikan pencerahan. Dengan gayanya yang khas, disertai selingan humor, menjadikan tausiyah yang diberikan Ustad Ahmad mudah dimengerti para siswa.

“Intinya mengingat kembali perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dari lahir sampai wafat. Namun yang paling penting, kita bisa meneladani perilaku beliau,” kata Ustad Ahmad.

Nabi Muhammad SAW, kata Ustad Ahmad, memang manusia yang istimewa. Beliau memiliki sifat yang jujur, baik, dapat dipercaya, pemaaf, tidak memiliki sifat iri, dengki, maupun dendam, walaupun terhadap orang-orang yang memusuhinya.

Ustad Ahmadpun memberikan banyak contoh, bagaimana Nabi Muhammad SAW beberapa kali pernah mau dicelakai. Namun dengan akhlaknya yang mulia, beliau malah memaafkan, bahkan mau menolong, ketika orang yang jahat tersebut mengalami celaka.

Untuk itu, Ustad Ahmad berpesan, jadilah remaja yang berakhlak bagus seperti Rosululloh. Hormat sama orangtua, cinta dan menghormati guru, serta beribadah.

“Akhlak yang baik akan mendatangkan rejeki dan kemulyaan,” pungkas Ustad Ahmad.
 
 
Jon